KISI-KISI PENULISAN SOAL UAS KELAS : IX (SEMBILAN)

Materi di Youtube




 KISI-KISI PENULISAN SOAL UAS
  KELAS  : IX (SEMBILAN)
Jenis Sekolah
Mata Pelajaran
Kurikulum
Alokasi waktu
Jumlah Soal
Bentuk Soal
Tahun Ajaran
: SMP
: PEND. AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
: K-13
: 120 Menit
: 50
: Pilihan Ganda
: 2016/2017

No.
Kompetensi Dasar
Konten/Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
Nomor
Soal

  1.  
3.3 Menerapkan teladan Yesus Kristus dalam hal berkarya bagi sesama dan dunia.
·      Lingkungan yang Majemuk
·      Toleransi sebagai bagian hidup dalam membangun Perdamaian
Penalaran (L.3)

Peserta  didik dapat menganalisis tindakan Yesus dalam Alkitab yang melampaui batas-batas suku, agama, ras antar golongan.


  1.  
Penalaran (L.3)
Disajikan salah satu sikap Tuhan Yesus yang melampoi  batas-batas suku, agama, ras antar golongan,peserta didik dapat menganalisa penyebab Tuhan Yesus menyatakan menerima semua golongan.

  1.  
Pengetahuan (L.1)
Disajikan peristiwa Yesus mati di kayu salib, peserta didik dapat menentukan sikap keteladanan  yang diberikan kepada umat manusia.


  1.  
Aplikasi (L.2)
Disajikan kemajemukan yang ada di Indonesia, peserta didik diharapkan dapat mememberi contoh sikap dan perilaku yang harus ditunjukan kepada masyarakat sekitar.

  1.  
Pengetahuan (L.1)
Disajikan kehidupan berbagai agama di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap yang ditunjukkan oleh Tuhan Yesus dalam kotbah di bukit (Matius 5 :9).

  1.  
Pengetahuan (L.1 )
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai krisis yang dialami oleh jemaat Kristen mula-mula yang tertulis dalam Kis. 6:1-7.


  1.  
Penalaran (L.3)
Disajikan perilaku seorang peserta didik yang mempunyai sikap toleransi terhadap umat beragama, peserta didik diharapkan dapat menilai sikap yang ditunjukkan dalam cerita tersebut.

  1.  
Penalaran (L.3)
Disajikan kasus intoleransi, peserta didk dapat menilai sesuai dengan norma negara Pancasila.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Peserta didik dapat memberi contoh sikap positif yang dapat ditunjukkan  di sekolah sebagai masyarakat majemuk.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Disajikan ayat Alkitab Pilipi 2:3,peserta didik dapat memberi contoh sikap yang harus dilakukan dalam masyarakat majemuk.

  1.  
Penalaran (L.3)
Disajikan  ayat Alkitab I Korintus 12:13,peserta didik dapat menganalisis sikap yang harus diambil untuk mewujudkan sila  kelima, “Keadilan sosial bagi seluuh rakyat Indonesia”.

  1.  
Pengetahuan (L.1)
Disajikan kata toleransi dari bahasa Latin, peserta didik dapt menjelaskan pengertian toleransi.

  1.  
Pengetahuan (L.1)
Disajikan beberpa sikap toleransi, peserta didik dapat mengidentifikasi  sikap toleransi  antar umat beragama di lingkungan sekolah.

  1.  
Pengetahuan (L.1)
Disajikan Roma 12:8, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap toleransi  yang harsus dilakukan dalam masyarakat majemuk.

  1.  
Penalaran(L.3)
Peserta  didik dapat menganalisis peranan toleransi sebagai bagian kehidupan manusia

  1.  
Aplikasi (L.2)
Disajikan ilustrasi teman yang tidak seiman tidak boleh makan makanan haram, peserta didik diharapkan dapat menerapkan sikap positif terhadap teman yang tidak seiman.

  1.  
Aplikasi  (L.2)
Disajikan ayat Alkitab Matius 5:9, peserta didik dapat menghubungkan sikap antara perdamaian dengan sikap toleransi dalam mayarakat majemk.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Peserta didik dapat memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap perdamaian sehingga terjaga toleransi dalam masyarakat yang berbeineka Tunggal Ika.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Disajikan salah satu contoh peristiwa yang terjadi di kehidupan masyarakat majemuk sebagai tantangan , peserta didik mampu menentukan sikap  tantangan yang dihadapi oleh remaja dalam masyarakat majemuk.

  1.  
Penalaran (L.3)
Disajikan kenyataan bahwa bahwa Indonesia Berbineka Tuggal Ika, peserta didik dapat memprediksi jika toleransi tidak dijaga dan dilakukan.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Peserta didik dapat memberi contoh betuk-bentuk sikap toleransi antar manusia berdasarkan ajaran Tuhan Yesus.

  1.  
Penalaran (L.3)
Disajikan penyataan bahwa manusia dihadapkan berbagai tantangan, peserta didik  dapat menganalisis tantangan yang dihadapi oleh remaja dalam mewujudkan toleransi.


  1.  

  1.  
3.4
Mengkritisi bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini.


·      Berbagai bentuk pelayanan
untuk pelayanan

Pengetahuan (L.1)
Disajikan  berbagai pelayanan gereja,peserta didik dapat mengidentifikasi  pelayanan gereja di masyarakat masa kini 


  1.  
Penalaran (L.3)
Disajikan kasus pelayanan yang dilakukan seorang remaja di gereja karena ia ingin selalu dekat dengan seseorang, peserta didik dapat mengkritisi pelayanan tersebut.

  1.  
Penalaran (L.3)
Peserta didk dapat mengananlisis bentuk pelayanan gereja yang paling dibutuhkan oleh umat Kristen dan masyarakat global


  1.  
Penalaran (L.3)
Peserta didk dapat mengananlisis bentuk pelayanan gereja yang paling dibutuhkan oleh umat Kristen dan masyarakat lokal.


  1.  
Penalaan (L.3)
Disajikan ceritakan peristiwa persembahan yang dilakukan Ananias dan Safira,peserta didik dapat mengkritisi sikap pelayanan yang dilakukan dalam cerita tersebut.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Diceritakan pemilihan tujuh diaken dalam Kisah Para rasul 2: 41-47,peserta didik dapat menghubungkan dengan pelayanan yang dapat dilakukan pada masa kini.

  1.  
Pengetahuan (L.1)
Peserta didik mengidentifikasi pelayanan yang dilakukan oleh Paulus.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Peserta didik dapat  menghubungkan  panggilan gereja yang melayani dengan tugas sebagai persekutuan orang.

  1.  


Aplikasi (L.2)
Peserta didik dapat  menghubungkan  panggilan gereja yang melayani dengan panggilan gereja untuk bersaksi.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Peserta didik dapat membandingkan  tantangan yang dihadapi oleh gereja Kristen pertama dengan tantangan yang dihadapi oleh gereja masa kini.


  1.  
·      Pengembangan diri
Penalaran (L.3)
Disajikan ayat Alkitab Markus 10:45, peserta didik dapat menganalisa pentingnya  pelayanan dalam hidup.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Peseta didik dapat memberikan contoh pelayanan yang dapat dilakukan oleh remaja Kristen di masayarakat sekitar.

  1.  
Aplikasi (K.2)
Disajikan berbagai talenta yang dimiliki remaja Kristen,peserta didik dapat mengambil bagian  mengembangkan talenta yang dimiliki utuk pelayanan di gereja.

  1.  

  1.  
3.5 Memahami tindakan konkrit yang dilakukan dalam mewujudkan perannya sebagai anggota gereja dan masyarakat
·         Tanggung jawab sosial orang Kristen

Pengetahuan (L.1)
Disajikan gambar berbagai kegiatan sosial,peserta didik menjelaskan pentingnya tanggung jawab soaial di masyarakat.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Disajikan kepedulian sosial yang dilakukan Tuhan Yesus dengan memberi makan 5000 orang dengan dua roti dan dua ikan,peserta didik dapat memberi contoh  kepedulian sosial yang dapat dilakukan dalam hidupnya.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Disajikan ayat Alkitab Yohanes 17:15, peserta didik dapat memberikan contoh bentuk perlindungan terhadap dunia sebagai tanggungjawab sosial.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Disajikan pentingnya norma atau aturan dalam hidp soial,peserta didik dapat memberi contoh  norma yang harsus dipakai kehidupan orang Kristen.

  1.  
Pengetahuan (L.1)
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya norma atau aturan dalam kehidupan sosial.

  1.  
·         Peran remaja Kristen di tengah dunia

Aplikasi (L.2)
Disajikan bahwa kehidupan bernegara tidak dapat terlepas dari dunia politik, peserta didik dapat memberikan  pendapat boleh dan tidaknya orang Kristen berpoitik.

  1.  
Penalaran (L.3)
Disajikan fungsi garam dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis makna menjadi garam di tengah dunia.

  1.  
Pengetahuan (L.1)
Disajikan kutipan pernyataan Tuhan Yesus dalam Matius 22:21,peserta didik dapat mengidentifikasi tanngungjawabnya terhadap negara.

  1.  
Penalaran (L.3)
Disajikan ayat Alkitab yang menyatakan bahwa Yesus terang dunia (Yohanes 8:12, peserta didik dapat menyimpulkan bahwa setiap orang percaya kepada Yesus harus menjadi terang dunia.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Disajikan ayat Alkitab Roma 12:2,peserta didik dapat meenerapkan  makna ayat tersebut untuk dapat dilakuakan dalam kehidupan sehari-hari.

  1.  
·         Peran remaja dalam pengembangan masyarakat


Aplikasi (L.2)
Peserta didk dapat menghubungkan antara iman dengan perbuatan seperti yang diugkapkan dalam Yakobus 2:17.

  1.  
Penalaran (L.3)
Peserta didik dapat menganalisis tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan peran gereja di masyarakat,  terutama karena gereja sering terjebak dalam kebiasaan lama, yaitu hanya menjalankan tugas institusional (Kej. 20).

  1.  
Aplikasi (L.2)
Disajikan ayat Alkitab Matius 5:13,peserta didik dapat memberi contoh sikap perilaku sehari-hari yang sesuai dengan ayat tersebut.

  1.  
Pengetahuan (L.1)
Disajikan ayat Alkitab Mikha 6:8, peserta didik dapat mengidentifikasi tanggungjawab sosial orang Kristen  untuk berlaku adil, benar dan menjadi saluran berkat.

  1.  
Aplikasi (L.2)
Peserta didik memberi contoh bentuk tindakan konkrit yang telah dilakukannya sebagai wujud perannya di tengah gereja dan masyarakat.

  1.  


https://youtu.be/mrAcad5yl2E

Comments

Popular Posts