KISI-KISI PENULISAN SOAL UAS KELAS : IX (SEMBILAN)
Materi di Youtube
KISI-KISI PENULISAN
SOAL UAS
KELAS : IX (SEMBILAN)
Jenis Sekolah
Mata Pelajaran
Kurikulum
Alokasi waktu
Jumlah Soal
Bentuk Soal
Tahun Ajaran
|
: SMP
: PEND. AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
: K-13
: 120
Menit
: 50
: Pilihan Ganda
: 2016/2017
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Konten/Materi
|
Level Kognitif
|
Indikator Soal
|
Nomor
Soal
|
|
3.3 Menerapkan teladan Yesus Kristus
dalam hal berkarya bagi sesama dan dunia.
|
·
Lingkungan yang Majemuk
·
Toleransi sebagai bagian hidup dalam membangun
Perdamaian
|
Penalaran (L.3)
|
Peserta didik dapat
menganalisis tindakan Yesus dalam Alkitab yang melampaui batas-batas suku,
agama, ras antar golongan.
|
|
Penalaran (L.3)
|
Disajikan salah satu sikap Tuhan Yesus yang melampoi batas-batas suku, agama, ras antar
golongan,peserta didik dapat menganalisa penyebab Tuhan Yesus menyatakan
menerima semua golongan.
|
|
|||
Pengetahuan (L.1)
|
Disajikan peristiwa Yesus mati di kayu salib, peserta
didik dapat menentukan sikap keteladanan
yang diberikan kepada umat manusia.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan kemajemukan yang ada di Indonesia, peserta didik
diharapkan dapat mememberi contoh sikap dan perilaku yang harus ditunjukan
kepada masyarakat sekitar.
|
|
|||
Pengetahuan (L.1)
|
Disajikan kehidupan berbagai agama di Indonesia, peserta
didik dapat mengidentifikasi sikap yang ditunjukkan oleh Tuhan Yesus dalam
kotbah di bukit (Matius 5 :9).
|
|
|||
Pengetahuan (L.1 )
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai krisis yang
dialami oleh jemaat Kristen mula-mula yang tertulis dalam Kis. 6:1-7.
|
|
|||
Penalaran (L.3)
|
Disajikan perilaku seorang peserta didik yang mempunyai
sikap toleransi terhadap umat beragama, peserta didik diharapkan dapat
menilai sikap yang ditunjukkan dalam cerita tersebut.
|
|
|||
Penalaran (L.3)
|
Disajikan kasus intoleransi, peserta didk dapat
menilai sesuai dengan norma negara Pancasila.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Peserta didik dapat memberi contoh sikap positif yang
dapat ditunjukkan di sekolah sebagai
masyarakat majemuk.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan ayat Alkitab Pilipi 2:3,peserta didik dapat
memberi contoh sikap yang harus dilakukan dalam masyarakat majemuk.
|
|
|||
Penalaran (L.3)
|
Disajikan ayat
Alkitab I Korintus 12:13,peserta didik dapat menganalisis sikap yang harus
diambil untuk mewujudkan sila kelima,
“Keadilan sosial bagi seluuh rakyat Indonesia”.
|
|
|||
Pengetahuan (L.1)
|
Disajikan kata toleransi dari bahasa Latin,
peserta didik dapt menjelaskan pengertian toleransi.
|
|
|||
Pengetahuan (L.1)
|
Disajikan beberpa sikap toleransi, peserta didik dapat
mengidentifikasi sikap toleransi antar umat beragama di lingkungan sekolah.
|
|
|||
Pengetahuan (L.1)
|
Disajikan Roma 12:8, peserta didik dapat mengidentifikasi
sikap toleransi yang harsus dilakukan
dalam masyarakat majemuk.
|
|
|||
Penalaran(L.3)
|
Peserta didik dapat
menganalisis peranan toleransi sebagai bagian kehidupan manusia
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan ilustrasi teman yang tidak seiman tidak boleh
makan makanan haram, peserta didik diharapkan dapat menerapkan sikap positif
terhadap teman yang tidak seiman.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan ayat Alkitab Matius 5:9, peserta didik dapat
menghubungkan sikap antara perdamaian dengan sikap toleransi dalam mayarakat
majemk.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Peserta didik dapat memberikan contoh kegiatan yang
menunjukkan sikap perdamaian sehingga terjaga toleransi dalam masyarakat yang
berbeineka Tunggal Ika.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan salah satu contoh peristiwa yang
terjadi di kehidupan masyarakat majemuk sebagai tantangan , peserta didik
mampu menentukan sikap tantangan yang
dihadapi oleh remaja dalam masyarakat majemuk.
|
|
|||
Penalaran (L.3)
|
Disajikan kenyataan bahwa bahwa Indonesia
Berbineka Tuggal Ika, peserta didik dapat memprediksi jika toleransi tidak
dijaga dan dilakukan.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Peserta didik dapat memberi contoh betuk-bentuk
sikap toleransi antar manusia berdasarkan ajaran Tuhan Yesus.
|
|
|||
Penalaran (L.3)
|
Disajikan penyataan bahwa manusia dihadapkan
berbagai tantangan, peserta didik
dapat menganalisis tantangan yang dihadapi oleh remaja dalam
mewujudkan toleransi.
|
|
|||
|
3.4
Mengkritisi bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini.
|
·
Berbagai bentuk pelayanan
untuk
pelayanan
|
Pengetahuan (L.1)
|
Disajikan berbagai pelayanan gereja,peserta didik
dapat mengidentifikasi pelayanan
gereja di masyarakat masa kini
|
|
Penalaran (L.3)
|
Disajikan kasus pelayanan yang dilakukan seorang
remaja di gereja karena ia ingin selalu dekat dengan seseorang, peserta didik
dapat mengkritisi pelayanan tersebut.
|
|
|||
Penalaran (L.3)
|
Peserta didk dapat mengananlisis
bentuk pelayanan gereja yang paling dibutuhkan oleh umat Kristen dan
masyarakat global
|
|
|||
Penalaran (L.3)
|
Peserta didk dapat mengananlisis
bentuk pelayanan gereja yang paling dibutuhkan oleh umat Kristen dan
masyarakat lokal.
|
|
|||
Penalaan (L.3)
|
Disajikan ceritakan peristiwa
persembahan yang dilakukan Ananias dan Safira,peserta didik dapat mengkritisi
sikap pelayanan yang dilakukan dalam cerita tersebut.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Diceritakan pemilihan tujuh
diaken dalam Kisah Para rasul 2: 41-47,peserta didik dapat menghubungkan
dengan pelayanan yang dapat dilakukan pada masa kini.
|
|
|||
Pengetahuan (L.1)
|
Peserta didik mengidentifikasi
pelayanan yang dilakukan oleh Paulus.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Peserta didik dapat menghubungkan panggilan gereja yang melayani dengan tugas
sebagai persekutuan orang.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Peserta didik dapat menghubungkan panggilan gereja yang melayani dengan
panggilan gereja untuk bersaksi.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Peserta didik dapat membandingkan tantangan yang dihadapi oleh gereja Kristen
pertama dengan tantangan yang dihadapi oleh gereja masa kini.
|
|
|||
·
Pengembangan diri
|
Penalaran (L.3)
|
Disajikan ayat Alkitab Markus
10:45, peserta didik dapat menganalisa pentingnya pelayanan dalam hidup.
|
|
||
Aplikasi (L.2)
|
Peseta didik dapat memberikan
contoh pelayanan yang dapat dilakukan oleh remaja Kristen di masayarakat
sekitar.
|
|
|||
Aplikasi (K.2)
|
Disajikan berbagai talenta yang
dimiliki remaja Kristen,peserta didik dapat mengambil bagian mengembangkan talenta yang dimiliki utuk
pelayanan di gereja.
|
|
|||
|
·
Tanggung jawab sosial orang Kristen
|
Pengetahuan (L.1)
|
Disajikan gambar berbagai
kegiatan sosial,peserta didik menjelaskan pentingnya tanggung jawab soaial di
masyarakat.
|
|
|
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan kepedulian sosial yang
dilakukan Tuhan Yesus dengan memberi makan 5000 orang dengan dua roti dan dua
ikan,peserta didik dapat memberi contoh kepedulian sosial yang dapat dilakukan dalam
hidupnya.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan ayat Alkitab Yohanes
17:15, peserta didik dapat memberikan contoh bentuk perlindungan terhadap
dunia sebagai tanggungjawab sosial.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan pentingnya norma atau
aturan dalam hidp soial,peserta didik dapat memberi contoh norma yang harsus dipakai kehidupan orang
Kristen.
|
|
|||
Pengetahuan (L.1)
|
Peserta didik dapat menjelaskan
pentingnya norma atau aturan dalam kehidupan sosial.
|
|
|||
·
Peran remaja Kristen di tengah dunia
|
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan bahwa kehidupan bernegara tidak dapat terlepas
dari dunia politik, peserta didik dapat memberikan pendapat boleh dan tidaknya orang Kristen
berpoitik.
|
|
||
Penalaran (L.3)
|
Disajikan fungsi garam dalam kehidupan sehari-hari,
peserta didik dapat menganalisis makna menjadi garam di tengah dunia.
|
|
|||
Pengetahuan (L.1)
|
Disajikan kutipan pernyataan Tuhan Yesus dalam Matius
22:21,peserta didik dapat mengidentifikasi tanngungjawabnya terhadap negara.
|
|
|||
Penalaran (L.3)
|
Disajikan ayat Alkitab yang menyatakan bahwa Yesus terang
dunia (Yohanes 8:12, peserta didik dapat menyimpulkan bahwa setiap orang
percaya kepada Yesus harus menjadi terang dunia.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan ayat Alkitab Roma 12:2,peserta didik dapat
meenerapkan makna ayat tersebut untuk
dapat dilakuakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|||
·
Peran remaja dalam pengembangan masyarakat
|
Aplikasi (L.2)
|
Peserta didk dapat menghubungkan antara iman
dengan perbuatan seperti yang diugkapkan dalam Yakobus 2:17.
|
|
||
Penalaran (L.3)
|
Peserta didik dapat menganalisis tantangan yang
dihadapi dalam mewujudkan peran gereja di masyarakat, terutama karena gereja sering terjebak
dalam kebiasaan lama, yaitu hanya menjalankan tugas institusional (Kej. 20).
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Disajikan ayat Alkitab Matius 5:13,peserta didik dapat memberi
contoh sikap perilaku sehari-hari yang sesuai dengan ayat tersebut.
|
|
|||
Pengetahuan (L.1)
|
Disajikan ayat Alkitab Mikha 6:8, peserta didik dapat
mengidentifikasi tanggungjawab sosial orang Kristen untuk berlaku adil, benar dan menjadi
saluran berkat.
|
|
|||
Aplikasi (L.2)
|
Peserta didik memberi contoh bentuk tindakan konkrit yang
telah dilakukannya sebagai wujud perannya di tengah gereja dan masyarakat.
|
|
Comments
Post a Comment