SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS 7
SILABUS
Satuan
Pendidikan |
: |
SMP
N |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Pendidikan
Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti |
||
Kelas/Semester |
: |
7
/ 1-2 (Ganjil & Genap) |
||
Tahun
Pelajaran |
: |
20...../20.... |
||
Standar
Kompetensi (KI) |
: |
KI-1 |
: |
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
|
|
KI-2 |
: |
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
|
|
KI-3 |
: |
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata. |
|
|
KI-4 |
: |
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori. |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
1.1 |
Menerima
bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui
Yesus Kristus. |
Allah terus
berkarya ✔
Allah mengampu ni dan menyelamat kan manusia melalui
Yesus Kristus |
Mengamati ✔
Mengamati karakter tokoh-tokoh dunia dan tokoh
Alkitab dengan membaca dari berbagai sumber, dalam kaitannya dengan sikap
mengampuni (Misalnya: Mandela, Marthin Luther King Jr, dll).
Menanya ✔
Menanyakan mengapa manusia perlu bertobat. ✔
Menganalisis makna pertobatan dan apa artinya
bagi hidup orang beriman.
Mengumpulkan
Informasi ✔
Berbagi pengalaman mengenai dosa dan pertobatan. ✔
Pendalaman teks Alkitab Yohanes 8:1-11 tentang
perempuan berdosa yang diampuni oleh Yesus. ✔
Melakukan pendalaman Alkitab dan diskusi mengenai
makna dan syarat baptisan.
Menalar/Mengasosiasi ✔
Memahami lagu dalam kaitannya dengan pengampunan. ✔
Menjelaskan arti pengampunan menurut Alkitab.
Mengomunikasikan ✔
Membuat tulisan yang menjelaskan arti bertobat
dan contoh pertobatan. ✔
Melakukan kegiatan bermain peran mengenai
kejatuhan manusia ke dalam dosa. ✔
Menyusun doa pertobatan. ✔
Menyusun doa mohon pengampunan. ✔
Melakukan permainan “bertahan dari godaan.” ✔
Mempresentasikan hasil temuan mengenai arti
baptisan dan syarat baptisan. ✔
Menulis puisi yang mengimani pengampunan Allah
dalam Yesus Kristus. |
Sikap ✔
Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri
keberadaan dirinya sebagai pemberian Allah. ✔
Observasi sikap mengampuni dalam kehidupan
sehari-hari
Pengetahuan ✔
Tes lisan tentang pengalaman siswa dalam
mengampuni dan diampuni dan tentang pemahamannya mengenai arti mengampuni. ✔
Tes tertulis mengenai makna bertobat dan
pengampunan menurut Alkitab.
Keterampilan ✔
Membuat doa mohon pengampunan. ✔
Membuat karya: misalnya membuat puisi dan naskah
drama kejatuhan manusia ke dalam dosa. |
21 JP |
✔
Alkitab ✔
Standar Isi Kurikulum PAK ✔
Buku Siswa PAK kelas VII ✔
Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII ✔
Konkordansi Alkitab ✔
Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan. ✔
Artikel, majalah |
2.1 |
Bersedia
mengampuni orang lain. |
|||||
3.1 |
Menjelaskan
bahwa Allah mengampuni dan
menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus. |
|||||
4.1 |
Mempraktekkan
perilaku rendah hati, peduli dan disiplin sebagai manusia yang telah
diselamatkan. |
|||||
|
||||||
1.2 |
Mengakui
bahwa pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat dari pada
kecenderungan manusia untuk merusaknya. |
Pemeliharaa n Allah terhadap manusia dan alam terus berlangsung |
Mengamati Mengamati alam sekitar dalam rangka memahami pemeliharaan Allah
terhadap alam dan lingkungan hidup.
Menanya ✔
Menanyakan peran penting alam bagi manusia dan
sebaliknya manusia bagi alam. ✔
Memilih kalimat dalam kotak yang berkaitan dengan
Allah memelihara ciptaan-Nya. ( Kuis)
Mengumpulkan
Informasi ✔
Mencari dari berbagai sumber mengenai
tanggungjawab manusia dalam memelihara alam. ✔
Menggali pengertian Allah memelihara alam dan
mencari bukti bahwa pemeliharaan Allah terus berlangsung bagi manusia dan
alam. ✔
Membuat refleksi singkat mengenai Allah yang
memelihara alam dan lingkungan hidup.
Menalar/Mengasosiasi ✔
Menjelaskan pemeliharaan Allah yang terus
berlangsung bagi manusia, dikaitkan dengan kitab Mazmur. 124:24-30. ✔
Menuliskan tanggung jawab siswa SMP kelas VII
dalam memelihara serta melestarikan alam dan lingkungan hidup.
Mengomunikasikan ✔
Melakukan presentasi kliping mengenai kerusakan
alam dan dampaknya bagi manusia. Di daerah yang kondisinya amat terbatas,
kliping dapat diganti dengan puisi atau refleksi. ✔
Melakukan kegiatan nyata memelihara alam (kerja
bakti membersihkan sampah dan selokan, menanam pohon, dsb.). ✔
Merancang kampanye memelihara alam dan lingkungan
hidup. ✔
Bercerita tentang pengalaman memelihara hewan dan
tumbuhan. ✔
Presentasi kliping mengenai kondisi alam dan
lingkungan hidup. ✔
Menulis doa permohonan supaya diberi hikmat untuk
mampu memelihara alam dan lingkungan hidup. ✔
Melakukan kegiatan nyata dalam memelihara alam
dan lingkungan hidup. |
Sikap ✔
Self assessment (penilaian diri) tanggung jawab
siswa SMP kelas VII dalam memelihara serta melestarikan alam dan lingkungan
hidup. ✔
Observasi sikap memelihara serta melestarikan
alam dan lingkungan hidup
Pengetahuan ✔
Tes lisan pengalaman memelihara hewan dan
tumbuhan. ✔
Tes tertulis enjelaskan apa artinya “Allah
memelihara alam” dan memberikan bukti bahwa pemeliharaan Allah terus berlangsung
bagi manusia dan alam.
Keterampilan ✔
Membuat doa permohonan supaya diberi hikmat untuk
mampu memelihara alam dan lingkungan hidup. ✔
Membuat karya berupa kliping atau materi refleksi
tentang pemeliharaan Allah terhadap alam dan tanggung jawabnya dalam
memelihara alam. |
21 JP |
✔
Alkitab ✔
Standar Isi Kurikulum PAK ✔
Buku Siswa PAK kelas VII ✔
Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII ✔
Konkordan si Alkitab ✔
Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan. ✔
Artikel, majalah |
2.2 |
Turut
bertanggung jawab dalam memelihara alam. |
|||||
3.2 |
Menjelaskan
pemeliharaan Allah yang terus berlangsung bagi manusia dan alam. |
|||||
4.2 |
Turut
memelihara alam dan lingkungan hidup. |
|||||
|
||||||
1.3 |
Menghayati
arti peduli dan solidaritas bagi sesama. |
Kepedulian dan solidaritas |
Mengamati ✔
Mengamati wujud kepedulian dan solidaritas
masyarakat di lingkungan sekitarnya.
Menanya ✔
Menanyakan ciri-ciri manusia yang memiliki
kepedulian pada sesama. ✔
Menanyakan makna solidaritas dalam kebersamaan.
Mengumpulkan
Informasi ✔
Mendalami bagian Alkitab yang menulis tentang
solidaritas bagi sesama. ✔
Mencari dari berbagai sumber mengenai tokoh-tokoh
yang melakukan berbagai aktivitas kemanusiaan sebagai bentuk solidaritas bagi
sesama. ✔
Mendalami berbagai bentuk solidaritas yang
dilakukan oleh Gereja dan masyarakat melalui wawancara dengan pendeta dan
majelis jemaat di gereja. ✔
Melakukan pendalaman Alkitab mengenai solidaritas
Yesus pada sahabat-Nya dan sesama manusia.
Menalar/Mengasosiasi ✔
Membuat refleksi tentang mewujudkan iman dalam
bentuk tindakan nyata. ✔
Membuat slogan berupa ajakan untuk mewujudkan
solidaritas bagi sesama yang membutuhkan bantuan.
Mengomunikasikan ✔
Menjelaskan arti
solidaritas bagi teman dan sahabat dengan mengacu pada lagu Bruno Mars
“Count on me”. ✔
Bercerita tentang pengalaman membangun
solidaritas dalam persahabatan dan pertemanan. ✔
Menulis refleksi mengenai solidaritas dalam
persahabatan atau memberikan kesaksian mengenai solidaritas dalam pertemanan
dan persahabatan. ✔
Presentasi kelompok mengenai hasil wawancara
dengan pendeta dan majelis jemaat di gereja mengenai bentuk kepedulian dan
solidaritas social yang dilakukan dalam masyarakat. ✔
Melakukan kegiatan bermain peran mengenai Orang
Samaria yang murah hati (Injil Lukas 10:25-37). |
Sikap Observasi perilaku sehari-hari tentang kepedulian dalam
persahabatan dan pertemanan
Pengetahuan ✔
Tes lisan menjelaskan arti teman dan sahabat
mengacu pada lagu “Count on me” dan berdasarkan pengalamannya. ✔
Tes lisan menjelaskan ciri-ciri manusia yang
peduli pada sesama. ✔
Tes tertulis mengenai makna solidaritas dalam
kebersamaan dan solidaritas dalam persahabatan dan pertemanan
Keterampilan ✔
Membuat karya berupa: tulisan hasil refleksi
mengenai mewujudkan iman dalam bentuk tindakan nyata dan naskah drama. ✔
Membuat slogan berupa ajakan untuk mewujudkan solidaritas
bagi sesama yang membutuhkan bantuan. |
18 JP |
✔
Alkitab ✔
Standar Isi Kurikulum PAK ✔
Buku Siswa PAK kelas VII ✔
Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII ✔
Konkordan si Alkitab ✔
Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan. ✔
Artikel, majalah |
2.3 |
Menghargai
sesama sebagai wujud solidaritas. |
|||||
3.3 |
Menceritakan
bentuk solidaritas sosial yang dilakukan bagi sesama mengacu pada ajaran
Yesus. |
|||||
4.3 |
Membiasakan
diri bersikap solider terhadap sesama dalam berbagai bentuk dan cara. |
|||||
|
||||||
1.4 |
Menghayati arti
sikap rendah hati dengan mengacu pada Kitab I Petrus 5:5 |
Kerendahan hati |
Mengamati ✔
Membaca dari berbagai referensi tentang
tanda-tanda atau ciri-ciri kerendahan hati.
Menanya ✔
Menanyakan pentingnya bersikap rendah hati.
Mengumpulkan
Informasi ✔
Melakukan pendalaman Alkitab mengenai Yonatan dan
Daud, terutama ketika Yonatan harus menentukan pilihan hati nuraninya untuk
berpihak kepada Raja Saul ayahnya, ataukah kepada Daud sahabatnya. ✔
Melakukan diskusi mengenai tantangan yang
dihadapi ketika hendak memilih dan ✔
memutuskan sesuatu yang benar sesuai dengan hati
nurani. ✔
Menuliskan pilihan hati nurani berdasarkan
beberapa pilihan yang ada.
Menalar/Mengasosiasi ✔
Mendiskusikan arti kerendahan hati dan mencari
contoh kerendahan hati. ✔
Menulis refleksi mengenai kerendahan hati dalam
berteman.
Mengomunikasikan ✔
Melakukan kegiatan bermain peran tentang Daud dan
Yonatan (Kitab I Samuel 20). ✔
Melakukan kegiatan bermain peran mengacu pada:
Lukas 18:9-14, Yohanes 13:1-7, Lukas 14:7-11. ✔
Menyusun doa permohonan supaya Allah membimbing
hati nuraninya dalam memilih dan memutuskan sesuatu secara benar. |
Sikap ✔
Melakukan penilaian terhadap diri sendiri (self
assessment) mengenai kerendahan hati. ✔
Observasi sikap rendah hati dalam kehidupan
sehari-hari
Pengetahuan ✔
Tes tertulis, mengenai pilihan untuk bersikap
rendah hati. ✔
Tes lisan mengenai arti kerendahan hati dan
contoh rendah hati.
Keterampilan ✔
Penilaian hasil karya, menulis refleksi mengenai
kerendahan hati dalam berteman. Naskah drama Daud dan Yonatan. ✔
Menyusun
doa permohonan supaya Roh Kudus menuntun dalam memilih yang benar. ✔
Penilaian unjuk kerja dalam bermain peran
mengenai Daud dan Yonatan dan drama berdasarkan Lukas 18:9-14, Yohanes
13:1-7, Lukas 14:7-11. |
18 JP |
✔
Alkitab ✔
Standar Isi Kurikulum PAK ✔
Buku Siswa PAK kelas VII ✔
Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII ✔
Konkordan si Alkitab ✔
Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan. ✔
Artikel, majalah |
2.4 |
Memiliki
sikap rendah hati mengacu pada I Petrus 5:5 |
|||||
3.4 |
Menjelaskan
arti sikap rendah hati mengacu pada I Petrus 5:5. |
|||||
4.4 |
Mempraktikkan
sikap rendah hati. |
|||||
|
||||||
1.5 |
Menerima
disiplin sebagai wujud ketaatan pada Firman Tuhan |
Hidup disiplin sebagai wujud ketaatan pada Firman Tuhan |
Mengamati ✔
Mengamati perilaku sesama remaja SMP apakah
mereka melaksanakan disiplin ataukah cenderung mengabaikannya. ✔
Membuat jadwal harian kemudian meneliti apakah
peserta didik telah memiliki disiplin diri di rumah maupun di sekolah.
✔
Menanya ✔
Melakukan wawancara dengan guru BP dan wali kelas
di sekolah mengenai disiplin siswa kelas VII. ✔
Melakukan wawancara dengan sesama teman di
sekolah mengenai sikap mereka terhadap disiplin.
✔
Mengumpulkan
Informasi ✔
Mencari dari berbagai sumber mengenai arti
disiplin dan mengapa siswa kelas VII membutuhkan disiplin. ✔
Membaca Kitab Daniel 6:11-23 dan mendiskusikan
teladan apa yang diberikan Daniel mengenai disiplin. ✔
Membaca Kitab Yosua 24:14-28 kemudian
mendiskusikan pentingnya ketaatan kepada Allah. ✔
Bercerita tentang pengalamannya membangun
disiplin diri.
✔
Menalar/Mengasosiasi ✔
Mengaitkan antara disiplin diri dengan
pembentukan karakter.
✔
Mengomunikasikan ✔
Mempresentasikan hasil eksplorasi dari berbagai
sumber mengenai arti disiplin dan ALASAN siswa kelas VII membutuhkan disiplin
untuk diterapkan dalam hidupnya. ✔
Mempresentasikan hasil wawancara dengan Guru BK
dan wali kelas di sekolah mengenai disiplin siswa kelas VII. |
Sikap ✔
Melakukan penilaian terhadap diri sendiri (self
assessment) mengenai disiplin diri ✔
Observasi sikap disiplin dalam kehidupan
sehari-hari
✔
Pengetahuan ✔
Tes lisan menceritakan pengalaman membangun
disiplin diri. Aspek yang dinilai adalah tekad dan kemauannya untuk membangun
disiplin diri. ✔
Tes tertulis dalam membangun disiplin diri.
✔
Keterampilan ✔
Membuat jadwal harian yang dapat menggambarkan disiplin
dirinya. ✔
Menyusun laporan hasil wawancara dengan guru BK
dan siswa SMP mengenai pelaksanaan disiplin di sekolah. ✔
Mempresentasikan hasil mengeksplorasi dari
berbagai sumber mengenai arti disiplin. |
18 JP |
✔
Alkitab ✔
Standar Isi Kurikulum PAK ✔
Buku Siswa PAK kelas VII ✔
Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII ✔
Konkordansi Alkitab ✔
Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan. ✔
Artikel, majalah |
2.5 |
Memiliki
sikap disiplin sebagai wujud ketaatan pada Firman Tuhan |
|||||
3.5 |
Menjelaskan
manfaat disiplin bagi remaja |
|||||
4.5 |
Terbiasa
bersikap disiplin dan taat pada aturan yang berlaku sebagai wujud ketaatan
pada Firman Allah |
|||||
|
||||||
1.6 |
Menghayati nilai-nilai Kristiani mengacu pada Kitab Galatia 5:22-26. |
Menjadikan nilai Kristiani sebagai panduan hidup |
Mengamati ✔
Melakukan observasi sederhana tentang apa saja
nilai-nilai yang dimiliki remaja kelas VII.
Menanya ✔
Melakukan pendalaman apakah nilai-nilai Kristiani
berpengaruh pada perilaku remaja. Misalnya, pemahaman terhadap nilai
Kristiani turut mempengaruhi perilaku yang baik dalam diri remaja.
Mengumpulkan
Informasi ✔
Membaca Alkitab dari Injil Matius 5:3-10, Galatia
5:22-26 kemudian mendiskusikan nilai-nilai Kristiani apa yang diajarkan oleh
Yesus. ✔
Mengmengeksplorasi Alkitab (Injil Matius 5-7)
untuk menemukan nlai-nilai yang diajarkan oleh Yesus yang diwujudkan dalam
tindakan-Nya. ✔
Menulis refleksi mengenai perjalanan hidupnya.
Menalar/Mengasosiasi ✔
Membuat pilihan berdasarkan nilai-nilai Kristiani ✔
Membandingkan antara nilai-nilai kehidupan yang
dianut remaja dengan ajaran Alkitab kemudian mengambil kesimpulan.
Mengomunikasikan ✔
Mempresentasikan hasil observasi tentang
nilai-nilai yang dimiliki remaja seusianya. ✔
Mempresentasikan diskusi kelompok tentang
nilai-nilai Kristiani yang digali dari pembacaan Alkitab. ✔
Mengekspresikan nilai-nilai Kristiani melalui
berbagai bentuk karya seni dan dipentaskan dalam acara yang disebut panggung
hiburan. |
Sikap ✔
Penilaian terhadap diri sendiri (self assesment),
yaitu nilai-nilai Kristiani apa yang telah diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari. ✔
Observasi perilaku dalam menerapkan nilai-nilai
Kristiani
Pengetahuan ✔
Tes lisan yang dilakukan terhadap kesimpulan
mengenai perbandingan antara nilai-nilai kehidupan yang dianut remaja dengan
ajaran Alkitab. ✔
Tes tertulis menuliskan nilai-nilai Kristiani
yang terdapat dalam teks Alkitab (5:3-10, Galatia 5:22-26).
Keterampilan ✔
Membuat karya yang dapat mengekspresikan
nilai-nilai Kristiani Penilaian karya dilakukan terhadap: ✔
Menulis refleksi mengenai kemajuan hidupnya
tentang nilai-nilai Kristiani yang berkembang di SD dan setelah di SMP. |
18 JP |
✔
Alkitab ✔
Standar Isi Kurikulum PAK ✔
Buku Siswa PAK kelas VII ✔
Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII ✔
Konkordan si Alkitab ✔
Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan. ✔
Artikel, majalah |
2.6 |
Berperilaku
yang menunjukkan nilai-nilai Kristiani mengacu pada Kitab Galatia 5:22-26. |
|||||
3.6 |
Menjelaskan
makna nilai- nilai Kristiani yang
terdapat dalam Kitab Galatia 5:22-26. |
|||||
4.6 |
Membuat
karya yang mengekspresikan nilai-nilai Kristiani misalnya lagu, puisi, dan
gambar |
Mengetahui, Kepala
Sekolah SMP N
............................................................ NIP.
................................................... |
|
Lebak,
.............................. 20..... Guru PAK
NIP.
........................................... |
Comments
Post a Comment