SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS 7



 SILABUS

 

Satuan Pendidikan

:

SMP N

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti

Kelas/Semester

:

7 / 1-2 (Ganjil & Genap)

Tahun Pelajaran

:

20...../20....

Standar Kompetensi (KI)

:

KI-1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

 

 

KI-2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

 

 

KI-3

:

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

 

 

KI-4

:

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1

Menerima bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus.

Allah terus berkarya

       Allah mengampu ni dan menyelamat kan manusia melalui Yesus Kristus

Mengamati

       Mengamati karakter tokoh-tokoh dunia dan tokoh Alkitab dengan membaca dari berbagai sumber, dalam kaitannya dengan sikap mengampuni (Misalnya: Mandela, Marthin Luther King Jr, dll).

 

Menanya

       Menanyakan mengapa manusia perlu bertobat.

       Menganalisis makna pertobatan dan apa artinya bagi hidup orang beriman.

 

Mengumpulkan Informasi

       Berbagi pengalaman mengenai dosa dan pertobatan.

       Pendalaman teks Alkitab Yohanes 8:1-11 tentang perempuan berdosa yang diampuni oleh Yesus.

       Melakukan pendalaman Alkitab dan diskusi mengenai makna dan syarat baptisan.

 

Menalar/Mengasosiasi

       Memahami lagu dalam kaitannya dengan pengampunan.

       Menjelaskan arti pengampunan menurut Alkitab.

 

Mengomunikasikan

       Membuat tulisan yang menjelaskan arti bertobat dan contoh pertobatan.

       Melakukan kegiatan bermain peran mengenai kejatuhan manusia ke dalam dosa.

       Menyusun doa pertobatan.

       Menyusun doa mohon pengampunan.

       Melakukan permainan “bertahan dari godaan.”

       Mempresentasikan hasil temuan mengenai arti baptisan dan syarat baptisan.

       Menulis puisi yang mengimani pengampunan Allah dalam Yesus Kristus.

Sikap

       Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri keberadaan dirinya sebagai pemberian Allah.

       Observasi sikap mengampuni dalam kehidupan sehari-hari

 

Pengetahuan

       Tes lisan tentang pengalaman siswa dalam mengampuni dan diampuni dan tentang pemahamannya mengenai arti mengampuni.

       Tes tertulis mengenai makna bertobat dan pengampunan menurut Alkitab.

 

Keterampilan

       Membuat doa mohon pengampunan.

       Membuat karya: misalnya membuat puisi dan naskah drama kejatuhan manusia ke dalam dosa.

21 JP

       Alkitab

       Standar Isi Kurikulum PAK

       Buku Siswa PAK kelas VII

       Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII

       Konkordansi Alkitab

       Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

       Artikel, majalah

2.1

Bersedia mengampuni orang lain.

3.1

Menjelaskan bahwa Allah mengampuni  dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus.

4.1

Mempraktekkan perilaku rendah hati, peduli dan disiplin sebagai manusia yang telah diselamatkan.

 

1.2

Mengakui bahwa pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat dari pada kecenderungan manusia untuk merusaknya.

Pemeliharaa n Allah terhadap manusia dan alam terus berlangsung

Mengamati

Mengamati alam sekitar dalam rangka memahami pemeliharaan Allah terhadap alam dan lingkungan hidup.

 

Menanya

       Menanyakan peran penting alam bagi manusia dan sebaliknya manusia bagi alam.

       Memilih kalimat dalam kotak yang berkaitan dengan Allah memelihara ciptaan-Nya. ( Kuis)

 

Mengumpulkan Informasi

       Mencari dari berbagai sumber mengenai tanggungjawab manusia dalam memelihara alam.

       Menggali pengertian Allah memelihara alam dan mencari bukti bahwa pemeliharaan Allah terus berlangsung bagi manusia dan alam.

       Membuat refleksi singkat mengenai Allah yang memelihara alam dan lingkungan hidup.

 

Menalar/Mengasosiasi

       Menjelaskan pemeliharaan Allah yang terus berlangsung bagi manusia, dikaitkan dengan kitab Mazmur. 124:24-30.

       Menuliskan tanggung jawab siswa SMP kelas VII dalam memelihara serta melestarikan alam dan lingkungan hidup.

 

Mengomunikasikan

       Melakukan presentasi kliping mengenai kerusakan alam dan dampaknya bagi manusia. Di daerah yang kondisinya amat terbatas, kliping dapat diganti dengan puisi atau refleksi.

       Melakukan kegiatan nyata memelihara alam (kerja bakti membersihkan sampah dan selokan, menanam pohon, dsb.).

       Merancang kampanye memelihara alam dan lingkungan hidup.

       Bercerita tentang pengalaman memelihara hewan dan tumbuhan.

       Presentasi kliping mengenai kondisi alam dan lingkungan hidup.

       Menulis doa permohonan supaya diberi hikmat untuk mampu memelihara alam dan lingkungan hidup.

       Melakukan kegiatan nyata dalam memelihara alam dan lingkungan hidup.

Sikap

       Self assessment (penilaian diri) tanggung jawab siswa SMP kelas VII dalam memelihara serta melestarikan alam dan lingkungan hidup.

       Observasi sikap memelihara serta melestarikan alam dan lingkungan hidup

 

Pengetahuan

       Tes lisan pengalaman memelihara hewan dan tumbuhan.

       Tes tertulis enjelaskan apa artinya “Allah memelihara alam” dan memberikan bukti bahwa pemeliharaan Allah terus berlangsung bagi manusia dan alam.

 

Keterampilan

       Membuat doa permohonan supaya diberi hikmat untuk mampu memelihara alam dan lingkungan hidup.

       Membuat karya berupa kliping atau materi refleksi tentang pemeliharaan Allah terhadap alam dan tanggung jawabnya dalam memelihara alam.

21 JP

       Alkitab

       Standar Isi Kurikulum PAK

       Buku Siswa PAK kelas VII

       Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII

       Konkordan si Alkitab

       Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

       Artikel, majalah

2.2

Turut bertanggung jawab dalam memelihara alam.

3.2

Menjelaskan pemeliharaan Allah yang terus berlangsung bagi manusia dan alam.

4.2

Turut memelihara alam dan lingkungan hidup.

 

1.3

Menghayati arti peduli dan solidaritas bagi sesama.

Kepedulian dan solidaritas

Mengamati

       Mengamati wujud kepedulian dan solidaritas masyarakat di lingkungan sekitarnya.

 

Menanya

       Menanyakan ciri-ciri manusia yang memiliki kepedulian pada sesama.

       Menanyakan makna solidaritas dalam kebersamaan.

 

Mengumpulkan Informasi

       Mendalami bagian Alkitab yang menulis tentang solidaritas bagi sesama.

       Mencari dari berbagai sumber mengenai tokoh-tokoh yang melakukan berbagai aktivitas kemanusiaan sebagai bentuk solidaritas bagi sesama.

       Mendalami berbagai bentuk solidaritas yang dilakukan oleh Gereja dan masyarakat melalui wawancara dengan pendeta dan majelis jemaat di gereja.

       Melakukan pendalaman Alkitab mengenai solidaritas Yesus pada sahabat-Nya dan sesama manusia.

 

Menalar/Mengasosiasi

       Membuat refleksi tentang mewujudkan iman dalam bentuk tindakan nyata.

       Membuat slogan berupa ajakan untuk mewujudkan solidaritas bagi sesama yang membutuhkan bantuan.

 

Mengomunikasikan

       Menjelaskan arti  solidaritas bagi teman dan sahabat dengan mengacu pada lagu Bruno Mars “Count on me”.

       Bercerita tentang pengalaman membangun solidaritas dalam persahabatan dan pertemanan.

       Menulis refleksi mengenai solidaritas dalam persahabatan atau memberikan kesaksian mengenai solidaritas dalam pertemanan dan persahabatan.

       Presentasi kelompok mengenai hasil wawancara dengan pendeta dan majelis jemaat di gereja mengenai bentuk kepedulian dan solidaritas social yang dilakukan dalam masyarakat.

       Melakukan kegiatan bermain peran mengenai Orang Samaria yang murah hati (Injil Lukas 10:25-37).

Sikap

Observasi perilaku sehari-hari tentang kepedulian dalam persahabatan dan pertemanan

 

Pengetahuan

       Tes lisan menjelaskan arti teman dan sahabat mengacu pada lagu “Count on me” dan berdasarkan pengalamannya.

       Tes lisan menjelaskan ciri-ciri manusia yang peduli pada sesama.

       Tes tertulis mengenai makna solidaritas dalam kebersamaan dan solidaritas dalam persahabatan dan pertemanan

 

Keterampilan

       Membuat karya berupa: tulisan hasil refleksi mengenai mewujudkan iman dalam bentuk tindakan nyata dan naskah drama.

       Membuat slogan berupa ajakan untuk mewujudkan solidaritas bagi sesama yang membutuhkan bantuan.

18 JP

       Alkitab

       Standar Isi Kurikulum PAK

       Buku Siswa PAK kelas VII

       Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII

       Konkordan si Alkitab

       Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

       Artikel, majalah

2.3

Menghargai sesama sebagai wujud solidaritas.

3.3

Menceritakan bentuk solidaritas sosial yang dilakukan bagi sesama mengacu pada ajaran Yesus.

4.3

Membiasakan diri bersikap solider terhadap sesama dalam berbagai bentuk dan cara.

 

1.4

Menghayati  arti  sikap rendah hati dengan mengacu pada Kitab I Petrus 5:5

Kerendahan hati

Mengamati

       Membaca dari berbagai referensi tentang tanda-tanda atau ciri-ciri kerendahan hati.

 

Menanya

       Menanyakan pentingnya bersikap rendah hati.

 

Mengumpulkan Informasi

       Melakukan pendalaman Alkitab mengenai Yonatan dan Daud, terutama ketika Yonatan harus menentukan pilihan hati nuraninya untuk berpihak kepada Raja Saul ayahnya, ataukah kepada Daud sahabatnya.

       Melakukan diskusi mengenai tantangan yang dihadapi ketika hendak memilih dan

       memutuskan sesuatu yang benar sesuai dengan hati nurani.

       Menuliskan pilihan hati nurani berdasarkan beberapa pilihan yang ada.

 

Menalar/Mengasosiasi

       Mendiskusikan arti kerendahan hati dan mencari contoh kerendahan hati.

       Menulis refleksi mengenai kerendahan hati dalam berteman.

 

Mengomunikasikan

       Melakukan kegiatan bermain peran tentang Daud dan Yonatan (Kitab I Samuel 20).

       Melakukan kegiatan bermain peran mengacu pada: Lukas 18:9-14, Yohanes 13:1-7, Lukas 14:7-11.

       Menyusun doa permohonan supaya Allah membimbing hati nuraninya dalam memilih dan memutuskan sesuatu secara benar.

Sikap

       Melakukan penilaian terhadap diri sendiri (self assessment) mengenai kerendahan hati.

       Observasi sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari

 

Pengetahuan

       Tes tertulis, mengenai pilihan untuk bersikap rendah hati.

       Tes lisan mengenai arti kerendahan hati dan contoh rendah hati.

 

Keterampilan

       Penilaian hasil karya, menulis refleksi mengenai kerendahan hati dalam berteman. Naskah drama Daud dan Yonatan.

       Menyusun  doa permohonan supaya Roh Kudus menuntun dalam memilih yang benar.

       Penilaian unjuk kerja dalam bermain peran mengenai Daud dan Yonatan dan drama berdasarkan Lukas 18:9-14, Yohanes 13:1-7, Lukas 14:7-11.

18 JP

       Alkitab

       Standar Isi Kurikulum PAK

       Buku Siswa PAK kelas VII

       Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII

       Konkordan si Alkitab

       Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

       Artikel, majalah

2.4

Memiliki sikap rendah hati mengacu pada I Petrus 5:5

3.4

Menjelaskan arti sikap rendah hati mengacu pada I Petrus 5:5.

4.4

Mempraktikkan sikap rendah hati.

 

1.5

Menerima disiplin sebagai wujud ketaatan pada Firman Tuhan

Hidup disiplin sebagai wujud ketaatan pada Firman Tuhan

Mengamati

       Mengamati perilaku sesama remaja SMP apakah mereka melaksanakan disiplin ataukah cenderung mengabaikannya.

       Membuat jadwal harian kemudian meneliti apakah peserta didik telah memiliki disiplin diri di rumah maupun di sekolah.

 

       Menanya

       Melakukan wawancara dengan guru BP dan wali kelas di sekolah mengenai disiplin siswa kelas VII.

       Melakukan wawancara dengan sesama teman di sekolah mengenai sikap mereka terhadap disiplin.

 

       Mengumpulkan Informasi

       Mencari dari berbagai sumber mengenai arti disiplin dan mengapa siswa kelas VII membutuhkan disiplin.

       Membaca Kitab Daniel 6:11-23 dan mendiskusikan teladan apa yang diberikan Daniel mengenai disiplin.

       Membaca Kitab Yosua 24:14-28 kemudian mendiskusikan pentingnya ketaatan kepada Allah.

       Bercerita tentang pengalamannya membangun disiplin diri.

 

       Menalar/Mengasosiasi

       Mengaitkan antara disiplin diri dengan pembentukan karakter.

 

       Mengomunikasikan

       Mempresentasikan hasil eksplorasi dari berbagai sumber mengenai arti disiplin dan ALASAN siswa kelas VII membutuhkan disiplin untuk diterapkan dalam hidupnya.

       Mempresentasikan hasil wawancara dengan Guru BK dan wali kelas di sekolah mengenai disiplin siswa kelas VII.

Sikap

       Melakukan penilaian terhadap diri sendiri (self assessment) mengenai disiplin diri

       Observasi sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari

 

       Pengetahuan

       Tes lisan menceritakan pengalaman membangun disiplin diri. Aspek yang dinilai adalah tekad dan kemauannya untuk membangun disiplin diri.

       Tes tertulis dalam membangun disiplin diri.

 

       Keterampilan

       Membuat jadwal harian yang dapat menggambarkan disiplin dirinya.

       Menyusun laporan hasil wawancara dengan guru BK dan siswa SMP mengenai pelaksanaan disiplin di sekolah.

       Mempresentasikan hasil mengeksplorasi dari berbagai sumber mengenai arti disiplin.

18 JP

       Alkitab

       Standar Isi Kurikulum PAK

       Buku Siswa PAK kelas VII

       Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII

       Konkordansi Alkitab

       Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

       Artikel, majalah

2.5

Memiliki sikap disiplin sebagai wujud ketaatan pada Firman Tuhan

3.5

Menjelaskan manfaat disiplin bagi remaja

4.5

Terbiasa bersikap disiplin dan taat pada aturan yang berlaku sebagai wujud ketaatan pada Firman Allah

 

1.6

Menghayati  nilai-nilai Kristiani  mengacu pada Kitab Galatia 5:22-26.

Menjadikan nilai Kristiani sebagai panduan hidup

Mengamati

       Melakukan observasi sederhana tentang apa saja nilai-nilai yang dimiliki remaja kelas VII.

 

Menanya

       Melakukan pendalaman apakah nilai-nilai Kristiani berpengaruh pada perilaku remaja. Misalnya, pemahaman terhadap nilai Kristiani turut mempengaruhi perilaku yang baik dalam diri remaja.

 

Mengumpulkan Informasi

       Membaca Alkitab dari Injil Matius 5:3-10, Galatia 5:22-26 kemudian mendiskusikan nilai-nilai Kristiani apa yang diajarkan oleh Yesus.

       Mengmengeksplorasi Alkitab (Injil Matius 5-7) untuk menemukan nlai-nilai yang diajarkan oleh Yesus yang diwujudkan dalam tindakan-Nya.

       Menulis refleksi mengenai perjalanan hidupnya.

 

Menalar/Mengasosiasi

       Membuat pilihan berdasarkan nilai-nilai Kristiani

       Membandingkan antara nilai-nilai kehidupan yang dianut remaja dengan ajaran Alkitab kemudian mengambil kesimpulan.

 

Mengomunikasikan

       Mempresentasikan hasil observasi tentang nilai-nilai yang dimiliki remaja seusianya.

       Mempresentasikan diskusi kelompok tentang nilai-nilai Kristiani yang digali dari pembacaan Alkitab.

       Mengekspresikan nilai-nilai Kristiani melalui berbagai bentuk karya seni dan dipentaskan dalam acara yang disebut panggung hiburan.

Sikap

       Penilaian terhadap diri sendiri (self assesment), yaitu nilai-nilai Kristiani apa yang telah diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari.

       Observasi perilaku dalam menerapkan nilai-nilai Kristiani

 

Pengetahuan

       Tes lisan yang dilakukan terhadap kesimpulan mengenai perbandingan antara nilai-nilai kehidupan yang dianut remaja dengan ajaran Alkitab.

       Tes tertulis menuliskan nilai-nilai Kristiani yang terdapat dalam teks Alkitab (5:3-10, Galatia 5:22-26).

 

Keterampilan

       Membuat karya yang dapat mengekspresikan nilai-nilai Kristiani Penilaian karya dilakukan terhadap:

       Menulis refleksi mengenai kemajuan hidupnya tentang nilai-nilai Kristiani yang berkembang di SD dan setelah di SMP.

18 JP

       Alkitab

       Standar Isi Kurikulum PAK

       Buku Siswa PAK kelas VII

       Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII

       Konkordan si Alkitab

       Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

       Artikel, majalah

2.6

Berperilaku yang menunjukkan nilai-nilai Kristiani mengacu pada Kitab Galatia 5:22-26.

3.6

Menjelaskan makna nilai- nilai  Kristiani yang terdapat dalam Kitab Galatia 5:22-26.

4.6

Membuat karya yang mengekspresikan nilai-nilai Kristiani misalnya lagu, puisi, dan gambar

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMP N

 

 

 

 

............................................................

NIP. ...................................................

 

Lebak, .............................. 20.....

Guru PAK

 

 

 

 

 

NIP. ...........................................

 

Comments

Popular Posts