SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS 9

 SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

 

KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU

Satuan Pendidikan        : SMP

las                             : IX (Sembilan) Kompetensi Inti             :

KI 1     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)

dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

 

 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

 

1.1. Menghayati karya Allah dalam pertumbuhan gereja sebagai umat-Nya di dunia yang

bergumul untuk

menjadi saksi-Nya yang setia.

 

 

 

2.1..Bersikap menghargai karya Allah dalam pertumbuhan gereja sebagai umat-Nya di dunia yang

bergumul untuk

menjadi saksi-Nya

 

Gereja dan

Masyarakat

 

 

 

 

    Gereja yang bertumbuh dalam dunia dan menjadi saksi Kristus

 

Mengamati

      Mengamati cara hidup jemaat masa kini dalam berbagai bentuk (misalnya dalam bersaksi, bersekutu dan melayani).

 

Menanya

      Makna kehadiran gereja sebagai lembaga dan sebagai persekutuan orang percaya dalam kehidupan masyarakat.

      Berbagai bentuk jawaban atau tanggapan terhadap peran gereja.

 

Mengumpulkan Informasi

      Mencari dari berbagai sumber mengenai pertumbuhan gereja mula-

Sikap

      Penilaian diri (self assessment) mengenai sikap sebagai saksi Kristus melalui pikiran, perkataan dan perbuatan.

    Observasi perilaku dalam perkataan dan perbuatan sebagai saksi Kristus

 

Pengetahuan

    Tes lisan menceritakan sikap dan tindakan yang mencerminkan dirinya sebagai saksi

 

24 JP

      Alkitab

 

      Standar Isi Kurikulum PAK

 

      Buku Siswa

PAK kelas IX

 

      Buku Petunjuk Guru PAK kelas IX

 

      Konkordansi

Alkitab

 

 

 

 

 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

yang setia.

 

 

3.1 Memahami karya Allah dalam pertumbuhan gereja sebagai umat-Nya di dunia yang

bergumul untuk

menjadi saksi-Nya yang setia

 

4.1.Menelaah karya Allah dalam pertumbuhan gereja sebagai umat-Nya di dunia yang

bergumul untuk menjadi saksi-Nya yang setia

 

mula atau gereja pertama (cara hidup

jemaat yang pertama, tantangan dan peluang yang dihadapi) dan bagaimana Injil Kerajaan Allah disampaikan.

      Mendalami makna menjadi saksi

Kristus.

      Mendiskusikan sikap dan tindakan yang dapat dilakukannya sebagai

saksi Kristus (misalnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi).

 

Menalar/Mengasosiasi

      Membandingkan cara hidup jemaat Kristen pertama dengan cara hidup jemaat di gerejanya.

 

Mengomunikasikan

      Menceritakan apa artinya bersaksi, dan wujud tindakannya menjadi “saksi Kristus.

      Menceritakan perbandingan antara cara hidup jemaat Kristen yang pertama dengan cara hidup jemaat di gerejanya.

      Melaporkan hasil diskusi tentang sikap dan tindakan yang dapat dilakukannya sebagai saksi Kristus.

Kristus.

 

    Tes tertulis mengenai cara hidup jemaat mula-mula dan bagaimana Injil bertumbuh pada awalnya.

 

Keterampilan

     Membuat karya misalnya menulis esei pendek mengenai menjadi saksi Kristus di tengah keluarga dan teman.

     Membuat laporan hasil kajian perbandingan antara cara hidup jemaat Kristen mula-mula, dengan cara hidup jemaat di gerejanya

 

      Berbagai buku yang dapat

dijadikan sumber bacaan.

 

     Artikel, majalah

 

-  -


 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

 

1.2.Mensyukuri karya Allah melalui perubahan- perubahan yang dihadirkan gereja di tengah-tengah dunia.

 

 

 

2.2. Bersikap menghargai karya Allah melalui perubahan- perubahan baru yang dihadirkan gereja di tengah- tengah dunia.

 

 

 

3.2.Menjelaskan karya Allah melalui perubahan- perubahan baru yang dihadirkan gereja di tengah- tengah dunia

 

 

4.2.Membuat refleksi terhadap perubahan- perubahan baru

 

      Gereja membawa perubahan baru bagi dunia yang terus berubah

 

Mengamati

      Mengamati apa saja bentuk pembaharuan yang dilakukan di gerejanya untuk memperbaiki kondisi masyarakat di sekitar gereja (misalnya, memberi kesaksian tentang kebenaran, keadilan dan solidaritas antar umat beragama, turut mengatasi kemiskinan dan keterbelakangan.)

 

Menanya

      Menanyakan ciri-ciri  yang menjadi pertanda seseorang disebut menjadi berkat bagi orang lain.

 

Mengumpulkan Informasi

      Melakukan diskusi mengenai Allah yang bekerja dalam segala sesuatu, termasuk dalam berbagai bidang kehidupan.

      Mendiskusikan mengenai arti dan konsekuensi hidup setia dan taat kepada Allah (Kisah 6:8-15; ps. 7-8; Wahyu 2:8-11).

      Mencari dari berbagai sumber mengenai bagaimana gereja dapat melakukan pembaharuan dalam kehidupan. (Lihat juga Matius 5:13-

16.)

      Mencari dari berbagai sumber tentang makna budaya gotong royong, mudik,

Sikap

    Penilaian diri (self- assessment) tentang bentuk perubahan yang dapat dilakukan remaja seusianya

 

Pengetahuan

    Tes lisan mengenai ciri-ciri seseorang yang menjadi berkat bagi orang lain.

    Tes tertulis mengenai bagaimana gereja dapat membawa pembaharuan, dan

apa konsekuensinya

    Penugasan membuat refleksi tentang perubahan- perubahan baru yang dihadirkan gereja.

 

Keterampilan

    Membuat kajian tentang tokok-tokoh yang membawa pembaharuan demi kebaikan semua.

         Membuat refleksi

 

24 JP

      Alkitab

 

      Standar Isi Kurikulum PAK

 

      Buku Siswa

PAK kelas IX

 

      Buku Petunjuk Guru PAK kelas IX

 

      Konkordansi

Alkitab

 

      Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

 

     Artikel, majalah

 

-  -


 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

yang dihadirkan

gereja di tengah- tengah dunia

 

atau bentuk lainnya, dalam

masyarakat tradisional Indonesia.

      Mendiskusikan apa saja tantangan gereja dalam mewujudkan pembaruan dirinya sebagai lembaga maupun sebagai persekutuan orang percaya.

 

Menalar/Mengasosiasi

      Membuat ulasan mengenai kisah hidup tokoh-tokoh (baik tokoh dunia, Indonesia maupun tokoh setempat) yang berani melakukan perubahan ke arah yang lebih baik karena Allah turut campur tangan dalam hidup mereka.

 

Mengomunikasikan

      Melaporkan hasil refleksi tentang perubahan-perubahan baru yang dihadirkan gereja.

      Melaporkan hasil refleksi tentang apa saja bentuk pembaharuan yang bisa dilakukannya.

tentang

menghormati orang lain dan siap bekerja sama.

    Mengkaji makna dari budaya gotong royong, mudik atau bentuk lainnya, apakah budaya ini perlu dibaharui.

 

.

 

 

1.3.Mensyukuri teladan

Yesus Kristus dalam

hal toleransi antar manusia pada umumnya dan secara khusus antar umat beragama

 

     Membangun toleransi dengan sesama berdasarkan teladan Yesus Kristus

 

Mengamati

      Mengamati sikap toleransi antar umat beragama di lingkungan sekolah dan gereja.

 

Menanya

      Mengapa toleransi menjadi aspek penting dalam hidup orang beriman.

Sikap

    Penilaian diri (self- assessment) tentang membangun toleransi dengan sesama

    Observasi perilaku dalam toleransi dengan sesama

 

24 JP

      Alkitab

 

      Standar Isi Kurikulum PAK

 

      Buku Siswa

PAK kelas IX

 

-  -


 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

2.3.Memiliki sikap

toleran antar manusia pada umumnya dan secara khusus antar umat beragama sesuai dengan

ajaran Tuhan Yesus.

 

 

 

 

3.3.Menguraikan berbagai sikap toleran antar manusia pada umumnya dan secara khusus antar umat beragama berdasarkan ajaran Tuhan Yesus.

 

 

4.3.Menerapkan sikap toleran antar manusia pada umumnya dan secara khusus antar umat beragama berdasarkan ajaran Tuhan Yesus.

 

      Bagaimana mewujudkan toleransi yang sesuai dengan konsep iman Kristen.

      Mencari dari berbagai sumber mengenai pernikahan dengan orang yang beragama lain, kemudian membandingkan dengan teks Alkitab

1 Korintus 7:12-16.

 

Mengumpulkan Informasi

      Melakukan Pemahaman Alkitab (PA) berdasarkan Kisah Rasul 6:1-7, serta mencatat berbagai krisis yang dialami oleh jemaat Kristen mula-mula.

      Mendiskusikan tantangan yang dihadapi oleh remaja dalam mewujudkan toleransi.

      Mendalami bentuk-bentuk sikap toleran antar manusia berdasarkan ajaran Yesus.

 

Menalar/Mengasosiasi

      Melakukan curah pendapat mengenai arti toleransi dan kerja sama. (Lihat juga Roma 12: 18.)

 

Mengomunikasikan

      Mempresentasikan hasil PA dari

Kisah Rasul 6:1-7.

      Membuat refleksi tentang menghormati orang lain dan kesiapan untuk bekerja sama (1 Petrus 2:17).

      Menceritakan pengalamannya tentang

 

Pengetahuan

    Tes tertulis mengenai arti toleransi dan mengapa toleransi menjadi aspek penting dalam hidup orang beriman.

    Tertertulis cara mewujudkan toleransi yang sesuai dengan konsep iman Kristen.

    Tes lisan mengenai tantangan yang dihadapi oleh remaja dalam mewujudkan toleransi.

 

Keterampilan

    Membuat Karya, misalnya menulis puisi mengenai panggilan untuk saling menolong tanpa melihat suku, golongan, agama.

    Melakukan Pemahaman Alkitab (diambil dari Kisah Rasul 6:1-7) dan rencana pribadi

 

      Buku Petunjuk Guru PAK

kelas IX

 

      Konkordansi

Alkitab

 

      Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

 

     Artikel, majalah

 

-  -


 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

 

 

membangun toleransi dan kerja sama

dengan saudara-saudaranya dan dengan umat beragama lain.

      Menceritakan rencana tentang wujud toleransi yang akan dilakukannya mulai dari saat ini, dan apa konsekuensi yang dihadapi.

untuk mewujudkan

toleransi serta menanggung akibat dari memiliki sikap toleran.

 

 

 

1.4.Menerima berbagai bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini

 

 

2.4. Turut bertanggung jawab terhadap bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini.

 

 

 

3.4. Mengkritisi bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini

 

 

 

4.4.Membuat karya tentang pelayanan gereja di tengah masyarakat pada

    Gereja yang melayani

Mengamati

    Melakukan observasi dan wawancara dengan Pendeta atau majelis jemaat di gerejanya mengenai bentuk-bentuk pelayanan yang dilakukan oleh gereja.

 

Menanya

    Menanyakan tugas dan panggilan gereja untuk menyatakan kebenaran dan keadilan.

 

Mengumpulkan Informasi

 Mencari dari berbagai sumber tentang arti “ragidan peran “ragi” (Lihat Matius 13: 33).

 Mendiskusikan mengenai tugas dan pelayanan gereja di tengah masyarakat masa kini (Matius 13:31-33; Yoh.

17:15-16; Wahyu 3:1-6).

    Mendalami dan mengkritisi bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini.

    Menggali pemahaman mengenai arti melayani dan apa saja bentuk pelayanan gereja yang paling

Sikap

    Penilaian diri  (self assessment) mengenai sikap melayani dalam gerejanya

 

Pengetahuan

      Tes lisan mengenai arti melayani.

    Tes tertulis mengenai panggilan gereja dan berbagai bentuk pelayanan gereja di masa kini.

 

Keterampilan

    Menulis laporan hasil observasi dan wawancara mengenai bentuk pelayanan gereja.

      Menulis refleksi singkat dan sederhana mengenai

24 JP

      Alkitab

 

      Standar Isi Kurikulum PAK

 

      Buku Siswa

PAK kelas IX

 

      Buku Petunjuk Guru PAK kelas IX

 

      Konkordansi

Alkitab

 

      Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

 

         Artikel,

 

-  -


 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

masa kini.

 

dibutuhkan oleh umat Kristen dan

masyarakat pada aras global dan lokal.

 

Menalar/Mengasosiasi

    Mengaitkan antara tugas dan panggilan gereja sebagai institusi dengan tugas sebagai persekutuan.

 

Mengomunikasikan

    Menyampaikan laporan hasil observasi dan wawancara  dengan Pendeta atau majelis jemaat di gerejanya mengenai bentuk-bentuk pelayanan yang dilakukan oleh gerejanya. Laporan disampaikan dalam kelompok.

      Menyanyikan lagu “Melayani dengan sungguh” sebagai bentuk syukur dan kesediaan untuk melayani sesama.

      Melakukan kegiatan bermain peran mengenai melayani sesama.

      Menulis puisi tentang “Panggilan untuk saling Menolong” berdasarkan Lukas 10:30-37.

    Melaporkan hasil refleksi mengenai tugas dan panggilan gereja untuk menyatakan kebenaran dan keadilan berdasarkan Kisah Rasul 1:6-8.

    Membuat daftar tantangan yang dihadapi oleh gereja Kristen pertama kemudian membandingkannya dengan tantangan yang dihadapi oleh gereja masa kini.

    Membuat berbagai karya yang dapat

tugas dan panggilan

yang sudah dilakukan gereja untuk menyatakan kebenaran dan keadilan.

   Membuat daftar tantangan yang dihadapi oleh gereja Kristen pertama kemudian membandingkannya dengan tantangan yang dihadapi oleh gereja masa kini. Perbandingan ini bersifat menilai bentuk tantangan yang ada sehingga peserta didik dapat menghargai sejarah gereja yang lahir dan tumbuh dalam berbagai kesulitan.

   Membuat berbagai karya yang dapat menggambarkan peran gereja yang bersifat memotivasi serta memberdayakan umatnya. Karya dibuat berdasarkan

 

majalah

 

-  -


 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

 

 

menggambarkan peran gereja yang

bersifat memotivasi serta memberdayakan umatnya.

bakat, minat dan

kemampuan peserta didik serta kondisi wilayah dan sekolah.

 

 

 

1.5.Menerima perannya sebagai anggota gereja dan masyarakat

 

 

 

2.5.Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap perannya sebagai anggota gereja dan masyarakat .

 

 

 

3.5.Menyebutkan tindakan konkrit yang dilakukan dalam mewujudkan perannya sebagai anggota gereja dan masyarakat .

 

4.5.Berperan aktif sebagai anggota gereja dan masyarakat .

 

    Tanggung jawab sosial orang Kristen

 

Mengamati

    Melakukan observasi sederhana mengenai tanggungjawab remaja SMP dalam menjalankan perannya sebagai siswa SMP, sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Misalnya, apakah mereka melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya di rumah, di sekolah, dan di lingkungan masyarakat sekitar; berlaku adil, mengutamakan kebenaran, kejujuran, dll.

 

Menanya

    Setelah mendengarkan penjelasan guru tentang politik dan prinsip-prinsip

iman Kristen, menanyakan apakah Pendeta dan orang Kristen boleh terlibat dalam politik.

    Tentang bagaimana penerapan prinsip dan ajaran iman, yaitu: Berdoa dan bertindak (Yakobus 2:15-17).

 

Mengumpulkan Informasi

    Mendiskusikan tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan peran gereja di masyarakat,  terutama karena

Sikap

    Penilaian diri  (self assessment) mengenai tanggung jawabsosial  di rumah, sekolah, dan masyarakat.

    Observasi perilaku yang bertangung jawab

 

Pengetahuan

    Tes tertulis mengenai partisipasi nyata remaja kelas IX sebagai wujud tanggung jawabnya

di rumah,sekolah, dan masyarakat.

 

 

 

Keterampilan

    Laporan hasil observasi terhadap remaja SMP tentang bagaimana mereka mewujudkan peran

18 JP

      Alkitab

 

      Standar Isi Kurikulum PAK

 

      Buku Siswa

PAK kelas IX

 

      Buku Petunjuk Guru PAK kelas IX

 

      Konkordansi

Alkitab

 

      Berbagai buku yang dapat dijadikan sumber bacaan.

 

     Artikel, majalah

 

-  -


 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

 

 

gereja sering terjebak dalam kebiasaan

lama, yaitu hanya menjalankan tugas institusional (Kejadian 20).

    Mendiskusikan mengenai tanggung jawab sosial orang Kristen antara lain: Berlaku adil dan benar (Mikha 6:8; Lukas 4:18-19) dan menjadi berkat bagi  masyarakat.

    Mencari dari berbagai sumber

mengenai bukti-bukti keseriusan gereja

dalam melayani: misalnya, melayani atau bersaing (Lihat 1 Korintus 3:1-9).

    Melakukan curah pendapat mengenai makna menjadi garam dan terang

dunia dan apa kaitannya dengan peran Gereja dan orang Kristen dalam keluarga, gereja dan masyarakat. Catatan: Bagian ini merupakan kesimpulan dari pembelajaran PAK di SMP. Hendaknya guru dapat memberikan pendalaman yang cukup mengenai peran orang Kristen pada umumnya dan peran remaja Kristen secara khusus di tengah keluarga, sekolah, gereja dan masyarakat.

 

Menalar/Mengasosiasi

 

    Menghubungkan perintah Yesus untuk menjadi garam dan terang dengan kesediannya mewujudkan diri sebagai garam dan terang bagi kehidupan di sekitarnya.

di keluarga, sekolah

dan masyarakat.

    Membuat slogan yang berisi kalimat ajakan untuk berperan sebagai garam dan terang

    Melakukan debat sesuai dengan logika dan etika Kristen dengan topik tanggung jawab sosial orang Kristen.

    Membuat rencana pribadi bagaimana menjalankan peran menjadi garam dan terang kehidupan.

 

 

 

-  -


 

Kompetensi dasar

Materi

Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

 

Sumber Belajar

 

 

 

Mengomunikasikan

    Menulis bentuk tindakan konkrit yang telah dilakukannya sebagai wujud perannya di tengah gereja dan masyarakat. (Misalnya ikut aktif dalam palang merah remaja, kelompok pemuda di gereja dll.)

    Membuat refleksi atau puisi mengenai menjadi garam dan terang kehidupan.

    Membuat slogan yang berisi kalimat ajakan untuk berperan sebagai garam dan terang.

    Membuat rencana pribadi bagaimana menjalankan peran menjadi garam dan terang kehidupan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular Posts