SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS 9
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU
Satuan Pendidikan : SMP
las : IX (Sembilan) Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1. Menghayati
karya Allah
dalam pertumbuhan gereja
sebagai umat-Nya di
dunia yang bergumul untuk menjadi
saksi-Nya yang setia.
2.1..Bersikap
menghargai
karya Allah
dalam pertumbuhan gereja
sebagai umat-Nya di
dunia yang bergumul untuk menjadi saksi-Nya |
Gereja dan Masyarakat
Gereja yang bertumbuh
dalam dunia
dan menjadi
saksi Kristus |
Mengamati Mengamati cara hidup jemaat masa
kini
dalam berbagai bentuk (misalnya dalam bersaksi, bersekutu dan
melayani).
Menanya Makna kehadiran
gereja sebagai lembaga dan sebagai persekutuan orang percaya dalam kehidupan
masyarakat. Berbagai bentuk
jawaban
atau tanggapan
terhadap peran
gereja.
Mengumpulkan Informasi Mencari dari
berbagai sumber
mengenai
pertumbuhan gereja mula- |
Sikap Penilaian
diri
(self
assessment)
mengenai
sikap sebagai saksi
Kristus
melalui
pikiran,
perkataan
dan perbuatan. Observasi
perilaku dalam perkataan dan
perbuatan
sebagai saksi Kristus
Pengetahuan Tes
lisan
menceritakan sikap dan
tindakan yang
mencerminkan
dirinya sebagai
saksi |
24
JP |
Alkitab
Standar Isi
Kurikulum PAK
Buku Siswa PAK kelas IX
Buku
Petunjuk Guru
PAK kelas IX
Konkordansi Alkitab |
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
yang setia.
3.1 Memahami karya
Allah
dalam pertumbuhan gereja
sebagai umat-Nya di
dunia yang bergumul untuk menjadi saksi-Nya yang
setia
4.1.Menelaah karya
Allah
dalam pertumbuhan gereja
sebagai umat-Nya di
dunia yang bergumul untuk
menjadi saksi-Nya yang
setia |
|
mula atau gereja pertama (cara hidup jemaat yang pertama, tantangan dan
peluang yang
dihadapi) dan
bagaimana Injil Kerajaan Allah disampaikan. Mendalami makna menjadi
saksi Kristus. Mendiskusikan sikap dan tindakan yang
dapat dilakukannya sebagai saksi Kristus (misalnya di
bidang ilmu pengetahuan
dan teknologi).
Menalar/Mengasosiasi Membandingkan
cara hidup
jemaat Kristen pertama dengan
cara hidup jemaat
di gerejanya.
Mengomunikasikan Menceritakan
apa artinya bersaksi,
dan wujud tindakannya menjadi
“saksi
Kristus.” Menceritakan
perbandingan antara cara hidup jemaat Kristen yang
pertama dengan cara hidup
jemaat di gerejanya. Melaporkan hasil diskusi
tentang sikap dan tindakan
yang
dapat dilakukannya sebagai saksi Kristus. |
Kristus.
Tes
tertulis
mengenai cara hidup jemaat mula-mula dan
bagaimana Injil bertumbuh
pada awalnya.
Keterampilan Membuat
karya misalnya menulis
esei
pendek mengenai
menjadi
saksi Kristus di
tengah keluarga dan
teman. Membuat laporan hasil kajian
perbandingan antara cara hidup jemaat Kristen mula-mula, dengan cara hidup
jemaat di gerejanya |
|
Berbagai buku yang dapat dijadikan
sumber
bacaan.
Artikel, majalah |
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.2.Mensyukuri
karya Allah
melalui
perubahan-
perubahan yang dihadirkan gereja di
tengah-tengah dunia.
2.2. Bersikap
menghargai
karya Allah
melalui
perubahan-
perubahan baru
yang dihadirkan gereja di tengah-
tengah dunia.
3.2.Menjelaskan
karya Allah
melalui
perubahan-
perubahan baru
yang dihadirkan gereja di tengah-
tengah dunia
4.2.Membuat refleksi terhadap
perubahan-
perubahan baru |
Gereja membawa perubahan
baru bagi dunia yang terus berubah |
Mengamati Mengamati apa saja
bentuk pembaharuan yang
dilakukan
di gerejanya untuk memperbaiki
kondisi masyarakat di sekitar gereja (misalnya, memberi kesaksian tentang kebenaran, keadilan dan
solidaritas
antar umat
beragama, turut
mengatasi kemiskinan dan
keterbelakangan.)
Menanya Menanyakan ciri-ciri yang
menjadi
pertanda
seseorang
disebut menjadi
berkat bagi orang
lain.
Mengumpulkan Informasi Melakukan
diskusi mengenai
Allah yang
bekerja dalam segala sesuatu,
termasuk
dalam berbagai bidang kehidupan. Mendiskusikan mengenai arti
dan konsekuensi hidup
setia dan taat
kepada Allah (Kisah
6:8-15; ps. 7-8; Wahyu
2:8-11). Mencari dari
berbagai sumber
mengenai
bagaimana
gereja dapat
melakukan
pembaharuan
dalam kehidupan. (Lihat
juga Matius 5:13- 16.) Mencari dari
berbagai sumber tentang
makna budaya gotong royong, mudik, |
Sikap Penilaian diri (self-
assessment)
tentang bentuk perubahan yang
dapat dilakukan
remaja
seusianya
Pengetahuan Tes
lisan
mengenai ciri-ciri seseorang
yang menjadi
berkat
bagi orang lain. Tes
tertulis
mengenai
bagaimana
gereja dapat
membawa
pembaharuan, dan apa
konsekuensinya Penugasan membuat refleksi tentang perubahan-
perubahan baru
yang dihadirkan gereja.
Keterampilan Membuat kajian tentang tokok-tokoh
yang membawa
pembaharuan
demi kebaikan
semua. Membuat refleksi |
24
JP |
Alkitab
Standar Isi
Kurikulum PAK
Buku Siswa PAK kelas IX
Buku
Petunjuk Guru
PAK kelas IX
Konkordansi Alkitab
Berbagai buku yang dapat dijadikan
sumber
bacaan.
Artikel, majalah |
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
yang dihadirkan gereja di tengah-
tengah dunia |
|
atau
bentuk
lainnya, dalam masyarakat tradisional
Indonesia. Mendiskusikan apa saja
tantangan gereja dalam mewujudkan
pembaruan
dirinya sebagai
lembaga maupun
sebagai
persekutuan
orang percaya.
Menalar/Mengasosiasi Membuat ulasan mengenai
kisah hidup
tokoh-tokoh
(baik tokoh
dunia, Indonesia maupun tokoh
setempat) yang
berani
melakukan perubahan ke
arah yang lebih baik karena Allah
turut campur tangan dalam hidup
mereka.
Mengomunikasikan Melaporkan hasil refleksi tentang perubahan-perubahan baru yang
dihadirkan gereja. Melaporkan hasil refleksi tentang apa
saja bentuk
pembaharuan yang bisa
dilakukannya. |
tentang menghormati orang lain
dan siap bekerja sama. Mengkaji
makna dari budaya gotong
royong, mudik
atau bentuk
lainnya, apakah
budaya ini perlu dibaharui.
. |
|
|
1.3.Mensyukuri
teladan Yesus
Kristus
dalam hal
toleransi
antar manusia pada umumnya dan
secara khusus
antar umat beragama |
Membangun
toleransi dengan sesama
berdasarkan teladan
Yesus
Kristus |
Mengamati Mengamati sikap
toleransi
antar umat
beragama di
lingkungan sekolah
dan gereja.
Menanya Mengapa toleransi menjadi
aspek penting dalam hidup orang beriman. |
Sikap Penilaian diri (self-
assessment)
tentang membangun
toleransi dengan
sesama Observasi
perilaku dalam toleransi
dengan sesama |
24
JP |
Alkitab
Standar Isi
Kurikulum PAK
Buku Siswa PAK kelas
IX |
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
2.3.Memiliki
sikap toleran
antar manusia pada umumnya dan
secara khusus
antar umat beragama sesuai
dengan ajaran
Tuhan Yesus.
3.3.Menguraikan berbagai sikap toleran
antar manusia pada umumnya dan
secara khusus
antar umat beragama berdasarkan
ajaran Tuhan
Yesus.
4.3.Menerapkan
sikap toleran
antar manusia pada umumnya dan
secara khusus
antar umat beragama berdasarkan
ajaran Tuhan
Yesus. |
|
Bagaimana mewujudkan toleransi
yang sesuai
dengan konsep iman
Kristen. Mencari dari
berbagai sumber
mengenai
pernikahan dengan orang
yang beragama lain, kemudian
membandingkan dengan teks Alkitab 1 Korintus 7:12-16.
Mengumpulkan Informasi Melakukan
Pemahaman
Alkitab
(PA) berdasarkan
Kisah
Rasul 6:1-7, serta mencatat
berbagai krisis
yang dialami
oleh
jemaat Kristen
mula-mula. Mendiskusikan tantangan yang dihadapi oleh remaja dalam mewujudkan toleransi. Mendalami bentuk-bentuk sikap
toleran antar manusia berdasarkan
ajaran Yesus.
Menalar/Mengasosiasi Melakukan
curah
pendapat
mengenai arti
toleransi dan
kerja sama. (Lihat juga Roma 12: 18.)
Mengomunikasikan Mempresentasikan hasil PA dari Kisah Rasul 6:1-7. Membuat refleksi
tentang
menghormati orang lain
dan kesiapan
untuk bekerja sama (1 Petrus 2:17). Menceritakan
pengalamannya
tentang |
Pengetahuan Tes tertulis mengenai
arti toleransi dan
mengapa toleransi
menjadi aspek
penting dalam hidup
orang
beriman. Tertertulis cara mewujudkan toleransi yang
sesuai
dengan konsep iman Kristen. Tes
lisan
mengenai tantangan
yang dihadapi oleh remaja dalam mewujudkan
toleransi.
Keterampilan Membuat Karya, misalnya menulis puisi mengenai
panggilan untuk saling
menolong
tanpa melihat suku, golongan, agama. Melakukan
Pemahaman
Alkitab
(diambil dari
Kisah Rasul 6:1-7) dan
rencana
pribadi |
|
Buku
Petunjuk Guru
PAK kelas IX
Konkordansi Alkitab
Berbagai buku yang dapat dijadikan
sumber
bacaan.
Artikel, majalah |
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
|
membangun toleransi dan kerja sama dengan
saudara-saudaranya
dan dengan
umat
beragama lain. Menceritakan
rencana tentang
wujud toleransi yang akan dilakukannya mulai
dari saat ini, dan apa
konsekuensi yang
dihadapi. |
untuk
mewujudkan toleransi
serta menanggung akibat
dari memiliki
sikap toleran. |
|
|
1.4.Menerima berbagai
bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada
masa kini
2.4. Turut bertanggung
jawab terhadap
bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada
masa kini.
3.4. Mengkritisi bentuk pelayanan gereja di
tengah masyarakat pada masa kini
4.4.Membuat karya
tentang
pelayanan gereja di tengah masyarakat pada |
Gereja yang melayani |
Mengamati Melakukan
observasi dan
wawancara dengan Pendeta atau majelis
jemaat di gerejanya mengenai
bentuk-bentuk
pelayanan yang dilakukan
oleh
gereja.
Menanya Menanyakan tugas dan
panggilan
gereja untuk menyatakan kebenaran
dan keadilan.
Mengumpulkan Informasi Mencari dari
berbagai sumber tentang
arti “ragi” dan peran
“ragi” (Lihat Matius 13:
33). Mendiskusikan mengenai tugas dan
pelayanan gereja di
tengah masyarakat masa kini
(Matius 13:31-33; Yoh. 17:15-16; Wahyu 3:1-6). Mendalami dan
mengkritisi bentuk pelayanan gereja di
tengah masyarakat pada masa kini. Menggali
pemahaman mengenai
arti melayani dan
apa saja bentuk
pelayanan gereja yang paling |
Sikap Penilaian diri (self assessment)
mengenai
sikap melayani
dalam gerejanya
Pengetahuan Tes
lisan
mengenai arti
melayani. Tes
tertulis
mengenai panggilan gereja dan berbagai bentuk
pelayanan gereja di
masa kini.
Keterampilan Menulis laporan hasil observasi dan
wawancara mengenai
bentuk pelayanan gereja. Menulis
refleksi
singkat dan
sederhana mengenai |
24 JP |
Alkitab
Standar Isi
Kurikulum PAK
Buku Siswa PAK kelas
IX
Buku
Petunjuk Guru
PAK kelas IX
Konkordansi Alkitab
Berbagai buku yang dapat dijadikan
sumber
bacaan.
Artikel, |
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
masa
kini. |
|
dibutuhkan oleh umat Kristen
dan masyarakat pada aras global dan
lokal.
Menalar/Mengasosiasi Mengaitkan
antara tugas dan
panggilan gereja sebagai
institusi
dengan tugas sebagai persekutuan.
Mengomunikasikan Menyampaikan
laporan hasil observasi
dan wawancara dengan Pendeta
atau majelis
jemaat di
gerejanya mengenai
bentuk-bentuk pelayanan
yang dilakukan oleh gerejanya. Laporan disampaikan
dalam kelompok. Menyanyikan
lagu “Melayani
dengan
sungguh”
sebagai
bentuk
syukur dan kesediaan
untuk melayani sesama. Melakukan
kegiatan
bermain
peran mengenai
melayani sesama. Menulis puisi tentang “Panggilan
untuk saling Menolong” berdasarkan Lukas 10:30-37. Melaporkan hasil refleksi mengenai
tugas dan panggilan gereja untuk
menyatakan
kebenaran
dan keadilan
berdasarkan Kisah Rasul 1:6-8. Membuat daftar tantangan
yang dihadapi
oleh
gereja Kristen
pertama
kemudian
membandingkannya dengan tantangan
yang dihadapi oleh gereja masa kini. Membuat berbagai
karya yang
dapat |
tugas
dan panggilan yang
sudah dilakukan
gereja
untuk menyatakan kebenaran
dan keadilan. Membuat daftar tantangan yang dihadapi oleh gereja Kristen pertama kemudian membandingkannya dengan tantangan yang
dihadapi oleh gereja masa kini.
Perbandingan ini bersifat
menilai bentuk
tantangan yang ada sehingga
peserta didik
dapat menghargai
sejarah gereja yang
lahir dan tumbuh
dalam berbagai
kesulitan. Membuat berbagai
karya yang dapat
menggambarkan peran gereja yang bersifat
memotivasi serta
memberdayakan umatnya. Karya dibuat
berdasarkan |
|
majalah |
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
|
menggambarkan
peran gereja yang bersifat memotivasi serta memberdayakan
umatnya. |
bakat, minat dan kemampuan
peserta
didik serta kondisi wilayah dan
sekolah. |
|
|
1.5.Menerima perannya
sebagai
anggota
gereja dan masyarakat
2.5.Menunjukkan
perilaku bertanggungjawab terhadap
perannya
sebagai
anggota
gereja dan masyarakat .
3.5.Menyebutkan tindakan
konkrit yang dilakukan dalam mewujudkan
perannya sebagai anggota gereja dan masyarakat .
4.5.Berperan aktif
sebagai
anggota
gereja dan masyarakat . |
Tanggung jawab
sosial orang
Kristen |
Mengamati Melakukan
observasi sederhana
mengenai
tanggungjawab remaja SMP
dalam menjalankan perannya sebagai siswa SMP, sebagai anggota keluarga dan
masyarakat. Misalnya, apakah
mereka melaksanakan tugas dan
tanggungjawabnya di rumah, di
sekolah, dan di
lingkungan
masyarakat sekitar; berlaku adil, mengutamakan
kebenaran, kejujuran, dll.
Menanya Setelah
mendengarkan penjelasan guru
tentang
politik dan
prinsip-prinsip iman
Kristen, menanyakan apakah
Pendeta dan orang Kristen
boleh terlibat
dalam politik. Tentang
bagaimana penerapan prinsip
dan ajaran iman, yaitu: Berdoa dan bertindak (Yakobus 2:15-17).
Mengumpulkan Informasi Mendiskusikan tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan peran gereja di masyarakat,
terutama karena |
Sikap Penilaian diri (self assessment)
mengenai
tanggung jawabsosial
di
rumah, sekolah, dan masyarakat. Observasi
perilaku yang
bertangung jawab
Pengetahuan Tes
tertulis
mengenai partisipasi
nyata
remaja kelas IX
sebagai wujud
tanggung jawabnya di rumah,sekolah, dan
masyarakat.
Keterampilan Laporan
hasil observasi
terhadap remaja SMP tentang bagaimana mereka
mewujudkan peran |
18 JP |
Alkitab
Standar Isi
Kurikulum PAK
Buku Siswa PAK kelas
IX
Buku
Petunjuk Guru
PAK kelas IX
Konkordansi Alkitab
Berbagai buku yang dapat dijadikan
sumber
bacaan.
Artikel, majalah |
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
|
gereja sering terjebak dalam kebiasaan lama,
yaitu hanya menjalankan
tugas institusional
(Kejadian 20). Mendiskusikan mengenai tanggung jawab
sosial orang
Kristen antara lain:
Berlaku adil dan
benar (Mikha 6:8;
Lukas 4:18-19) dan
menjadi
berkat
bagi masyarakat. Mencari dari
berbagai sumber mengenai bukti-bukti keseriusan gereja dalam melayani: misalnya, melayani
atau bersaing (Lihat 1
Korintus 3:1-9). Melakukan
curah
pendapat
mengenai makna menjadi garam dan terang dunia dan
apa kaitannya dengan peran
Gereja dan
orang
Kristen dalam
keluarga, gereja dan masyarakat. Catatan: Bagian
ini merupakan
kesimpulan
dari pembelajaran
PAK di SMP. Hendaknya guru dapat memberikan pendalaman yang
cukup
mengenai
peran orang Kristen
pada umumnya dan peran
remaja Kristen secara khusus di tengah keluarga, sekolah, gereja dan
masyarakat.
Menalar/Mengasosiasi
Menghubungkan
perintah Yesus untuk
menjadi garam dan
terang dengan kesediannya mewujudkan
diri
sebagai
garam dan terang
bagi kehidupan di sekitarnya. |
di
keluarga, sekolah dan
masyarakat. Membuat slogan yang
berisi
kalimat ajakan
untuk berperan sebagai garam dan
terang Melakukan
debat sesuai
dengan logika dan
etika Kristen
dengan topik
tanggung jawab
sosial orang Kristen. Membuat rencana pribadi
bagaimana
menjalankan peran
menjadi garam dan
terang kehidupan. |
|
|
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
|
Mengomunikasikan Menulis bentuk
tindakan konkrit
yang telah dilakukannya sebagai
wujud
perannya di
tengah
gereja dan masyarakat. (Misalnya ikut aktif dalam
palang merah remaja, kelompok pemuda di gereja dll.) Membuat refleksi
atau puisi
mengenai menjadi garam dan
terang kehidupan. Membuat slogan yang berisi kalimat
ajakan
untuk berperan
sebagai
garam dan terang. Membuat rencana
pribadi bagaimana
menjalankan peran
menjadi
garam dan terang kehidupan. |
|
|
|
Comments
Post a Comment