SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS 8
SILABUS
Satuan Pendidikan |
: |
SMP N |
|
Mata Pelajaran |
: |
Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti |
|
Kelas/Semester |
: |
VIII / 1-2 (Ganjil & Genap) |
|
Jumlah Pertemuan |
: |
................................................................................. |
|
Standar Kompetensi |
: |
1. |
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
|
|
2. |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya |
|
|
3. |
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
|
|
4. |
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
|
1.1 |
Mensyukuri makna
hidup beriman dan berpengharapan |
Iman
dan Pengharapan ü Iman dan Percaya ü Makna Hidup Berpengharapan ü Pentingnya Memiliki Harapan ü Memahami Makna Iman dan Pengharapan Membangun
Iman dan pengharapan ü Memelihara Iman ü Ciri-Ciri Orang yang Memelihara Iman ü Memelihara Pengharapan ü Ciri-Ciri Orang yang Memelihara Pengharapan ü Belajar Dari Tokoh Alkitab Dampak
hidup berpengharapan ü Manusia yang Memiliki Iman dan Pengharapan ü Dampak dari Hidup Beriman dan Berpengharapan dalam Diri
Orang Percaya Putus
Asa bukanlah pilihan seorang Kristen ü Mengapa Harus Kuatir dan Putus Asa? ü Keterbatasan Manusia ü Menemukan Janji Allah di Mazmur 21 - Mazmur 30 |
·
Mengamati perilaku serta cara hidup orang Kristen masa kini, khususnya dalam hal beriman dan
berpengharapan. ·
Menuliskan ciri-ciri orang yang hidup beriman (atau belajar dari
cerita inspiratif mengenai jujur, rendah hati, percaya diri, atau mengasihi
sesama, dapat diputarkan CD di sekolah
yang memiliki fasilitas ini). ·
Mengasosiasi antara panggilan Abraham, Ishak dan Yakub dengan
keteladanan dalam beriman dan berpengharapan yang diperlihatkan oleh
tokoh-tokoh ini serta mempresentasikannya. ·
Menulis kesimpulan mengenai keteladanan tokoh-tokoh Alkitab:
Abraham, Ishak dan Yakub dan ayat-ayat Alkitab yang menunjukkan hal ini.
(Catatan: boleh juga membuat poster atau kolase.) ·
Mempraktikkan sikap hidup beriman dan berpengharapan dalam
kehidupan sehari-hari misalnya, melalui relasi dengan sesama dengan cara memotivasi (membangkitkan semangat hidup)
orang lain yang sedang putus asa. |
2.1 |
Menunjukkan sikap
hidup beriman dan berpengharapan |
||
3.1 |
Memahami arti sikap
hidup beriman dan berpengharapan |
||
4.1 |
Menyajikan karya
yang berkaitan dengan cara hidup beriman dan berpengharapan dalam bentuk
tindakan nyata |
||
|
|
|
|
1.2 |
Menghayati peran
Roh Kudus dalam proses hidup beriman |
Peran Roh Kudus dalam hidup orang
beriman ü Pemahaman tentang Roh Kudus ü Tuhan Yesus Menjanjikan Roh
Kudus yang Menguatkan ü Roh Kudus Menghibur dan
Menguatkan ü Roh Kudus Menguatkan Gereja
dan Umat |
·
Mengamati ciri-ciri orang
beriman yang hidup dipimpin oleh Roh Kudus. Untuk orang beriman boleh diambil
dari tokoh di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. ·
Membaca dan menganalis proses hidup beriman tokoh Alkitab dan tokoh masa kini (seperti: Nomensen,
Anting, Fransiscus Xaferius, Ignatius
Loyola, Sola Gratia Lummy, Eka Darmaputera, Sularso Sopater, Andreas
Yewangoe) termasuk mendiskusikan peran Roh Kudus dalam kehidupan mereka. ·
Melaporkan hasil diskusi kelompoknya mengenai peran Roh Kudus
dalam proses hidup beriman dari tokoh Alkitab atau tokoh Kristen masa kini. ·
Bermain peran tentang tokoh idola mereka dengan cara menyiapkan naskah
drama terlebih dahulu kemudian mendemonstrasikan di depan kelas. |
2.2 |
Mempraktikkan sikap
hidup beriman yang dipimpin Roh Kudus |
||
3.2 |
Menganalisis peran
Roh Kudus dalam hidup orang beriman |
||
4.2 |
Menyajikan berbagai
contoh cara hidup orang beriman yang dipimpin Roh Kudus |
||
|
|
|
|
1.3 |
Mensyukuri hidup
sebagai orang beriman sesuai dengan teladan Yesus |
Selalu Bersyukur dalam segala situasi ü Belajar Bersyukur ü Menggali Makna Bersyukur ü Memberikan Makna Bersyukur
Bagi Diri Sendiri ü Arti Memilih Untuk Bersyukur ü Mengatasi Hambatan Untuk
Bersyukur ü Mengekspresikan Rasa Syukur ü Mengapa Tetap Bersyukur dalam
Situasi Sulit
Allah tetap bekerja dalam situasi
sulit ü Makna Allah Tetap Bekerja ü Karya Tuhan dalam Hidup
Hidup berkelimpahan dalam pemahaman
Kristen ü Kristus Sebagai Pemimpin yang
Layak Diikuti ü Memeriksa Diri Sendiri ü Mengenali Janji Allah |
·
Bentuk-bentuk ucapan sukur yang dilakukan oleh orang beriman. ·
Arti/makna mengucap syukur dan motivasi orang beriman untuk
mengucap syukur. ·
Menggali kelebihan dan kekurangan dirinya dan menyampaikan
alasan mengapa harus bersyukur sebagai ciri orang beriman, lalu mendiskusikan
dengan teman sebangku. ·
Belajar dari tokoh-tokoh Alkitab tentang bagaimana cara
bersyukur kepada Tuhan. ·
Menganalisis makna bersyukur dalam segala situasi hidup (susah,
senang, sukses maupun gagal). ·
Mengaitkan makna bersyukur dengan hidup beriman. ·
Menggabungkan berbagai pemikiran mengenai ucapan syukur yang
berkenan kepada Allah (bisa dikaitkan dengan Kitab Mazmur). ·
Melaporkan hasil pengamatan/ mengeksplorasi tentang ciri-ciri
hidup bersyukur. ·
Menulis doa ucapan syukur dan esai tentang “Ucapan syukurku.” ·
Mendemonstrasikan cara bersyukur melalui doa, pujian, drama,
tulisan bermakna, kalimat/kata-kata yang membangun, yang dilakukan selama
satu semester. |
2.3 |
Menunjukkan sikap
hidup sebagai orang beriman sesuai dengan teladan Yesus |
||
3.3 |
Memahami makna
hidup beriman sesuai dengan teladan Yesus |
||
4.3 |
Membuat karya yang
berkaitan dengan sikap hidup sebagai orang beriman sesuai dengan teladan
Yesus |
||
|
|
|
|
1.4 |
Menghayati ibadah,
doa, dan membaca Alkitab sebagai wujud hidup orang beriman |
Kesetiaan
beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab ü Makna Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab ü Memahami Doa Bapa Kami ü Pentingnya Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab bagi
Remaja SMP ü Sikap yang Baik dan Benar dalam Beribadah, Berdoa, dan
Membaca Alkitab ü Apakah Semua Doa Dijawab Sesuai dengan Permintaan? |
·
Mengamati sikap remaja Kristen
mengenai kesetiaan dalam berdoa
dan membaca Alkitab, dalam beribadah di Sekolah Minggu atau gereja. (Bisa dengan cara membuat daftar pertanyaan
yang diedarkan dan diisi oleh siswa
SMP kelas VIII yang beragama Kristen.) ·
Mendalami tentang arti ibadah, unsur-unsur ibadah, doa dan cara
membaca dan memahami Alkitab. ·
Melalui diskusi panel peserta didik menggali pokok-pokok hidup
orang beriman sebagai orang Kristen. ·
Mendiskusikan cara-cara mewujudkan hidup orsngberiman dan
berpengharapan melalui kesetiaan
beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab. ·
Membuat simpulan bersama mengenai manfaat kesetiaan dalam
Ibadah, berdoa dan membaca Alkitab bagi pembentukan iman, sikap dan moral
remaja SMP. ·
Membuat janji bersama untuk setia beribadah, berdoa dan membaca
Alkitab. |
2.4 |
Bersikap setia
dalam ibadah, doa, dan membaca Alkitab sebagai wujud hidup orang beriman |
||
3.4 |
Menerapkan
kesetiaan dalam beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab sebagai wujud hidup
orang beriman. |
||
4.4 |
Melakukan kegiatan
yang berkaitan dengan kesetiaan dalam beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab
sebagai wujud hidup orang beriman. |
Mengetahui, Kepala
Sekolah SMP N
................................................................. NIP.
......................................................... |
|
Lebak,
........................... 20...... Guru Mata Pelajaran PAK
Kelas 8
NIP.
.................................................... |
Comments
Post a Comment