SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS 8



SILABUS

 

Satuan Pendidikan

:

SMP N

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti

Kelas/Semester

:

VIII / 1-2 (Ganjil & Genap)

Jumlah Pertemuan

:

.................................................................................

Standar Kompetensi

:

1.

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

 

 

2.

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

 

 

3.

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

 

 

4.

Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

1.1

Mensyukuri makna hidup beriman dan berpengharapan

Iman dan Pengharapan

ü  Iman dan Percaya

ü  Makna Hidup Berpengharapan

ü  Pentingnya Memiliki Harapan

ü  Memahami Makna Iman dan Pengharapan

Membangun Iman dan pengharapan

ü  Memelihara Iman

ü  Ciri-Ciri Orang yang Memelihara Iman

ü  Memelihara Pengharapan

ü  Ciri-Ciri Orang yang Memelihara Pengharapan

ü  Belajar Dari Tokoh Alkitab

Dampak hidup berpengharapan

ü  Manusia yang Memiliki Iman dan Pengharapan

ü  Dampak dari Hidup Beriman dan Berpengharapan dalam Diri Orang Percaya

Putus Asa bukanlah pilihan seorang Kristen

ü  Mengapa Harus Kuatir dan Putus Asa?

ü  Keterbatasan Manusia

ü  Menemukan Janji Allah di Mazmur 21 - Mazmur 30

·     Mengamati perilaku serta cara hidup orang Kristen  masa kini, khususnya dalam hal beriman dan berpengharapan.

·     Menuliskan ciri-ciri orang yang hidup beriman (atau belajar dari cerita inspiratif mengenai jujur, rendah hati, percaya diri, atau mengasihi sesama, dapat diputarkan CD di  sekolah yang memiliki fasilitas ini).

·     Mengasosiasi antara panggilan Abraham, Ishak dan Yakub dengan keteladanan dalam beriman dan berpengharapan yang diperlihatkan oleh tokoh-tokoh ini serta mempresentasikannya.

·     Menulis kesimpulan mengenai keteladanan tokoh-tokoh Alkitab: Abraham, Ishak dan Yakub dan ayat-ayat Alkitab yang menunjukkan hal ini. (Catatan: boleh juga membuat poster atau kolase.)

·     Mempraktikkan sikap hidup beriman dan berpengharapan dalam kehidupan sehari-hari misalnya, melalui relasi dengan sesama dengan cara  memotivasi (membangkitkan semangat hidup) orang lain yang sedang putus asa.

2.1

Menunjukkan sikap hidup beriman dan berpengharapan

3.1

Memahami arti sikap hidup beriman dan berpengharapan

4.1

Menyajikan karya yang berkaitan dengan cara hidup beriman dan berpengharapan dalam bentuk tindakan nyata

 

 

 

 

1.2

Menghayati peran Roh Kudus dalam proses hidup beriman

Peran Roh Kudus dalam hidup orang beriman

ü  Pemahaman tentang Roh Kudus

ü  Tuhan Yesus Menjanjikan Roh Kudus yang Menguatkan

ü  Roh Kudus Menghibur dan Menguatkan

ü  Roh Kudus Menguatkan Gereja dan Umat

·     Mengamati  ciri-ciri orang beriman yang hidup dipimpin oleh Roh Kudus. Untuk orang beriman boleh diambil dari tokoh di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

·     Membaca dan menganalis proses hidup beriman tokoh Alkitab  dan tokoh masa kini (seperti: Nomensen, Anting,  Fransiscus Xaferius, Ignatius Loyola, Sola Gratia Lummy, Eka Darmaputera, Sularso Sopater, Andreas Yewangoe) termasuk mendiskusikan peran Roh Kudus dalam kehidupan mereka.  

·     Melaporkan hasil diskusi kelompoknya mengenai peran Roh Kudus dalam proses hidup beriman dari tokoh Alkitab atau tokoh Kristen masa kini.

·     Bermain peran tentang tokoh idola mereka dengan cara menyiapkan naskah drama terlebih dahulu kemudian mendemonstrasikan di depan kelas.

2.2

Mempraktikkan sikap hidup beriman yang dipimpin Roh Kudus

3.2

Menganalisis peran Roh Kudus dalam hidup orang beriman

4.2

Menyajikan berbagai contoh cara hidup orang beriman yang dipimpin Roh Kudus

 

 

 

 

1.3

Mensyukuri hidup sebagai orang beriman sesuai dengan teladan Yesus

Selalu Bersyukur dalam segala situasi

ü  Belajar Bersyukur

ü  Menggali Makna Bersyukur

ü  Memberikan Makna Bersyukur Bagi Diri Sendiri

ü  Arti Memilih Untuk Bersyukur

ü  Mengatasi Hambatan Untuk Bersyukur

ü  Mengekspresikan Rasa Syukur

ü  Mengapa Tetap Bersyukur dalam Situasi Sulit

 

Allah tetap bekerja dalam situasi sulit

ü  Makna Allah Tetap Bekerja

ü  Karya Tuhan dalam Hidup

 

Hidup berkelimpahan dalam pemahaman Kristen

ü  Kristus Sebagai Pemimpin yang Layak Diikuti

ü  Memeriksa Diri Sendiri

ü  Mengenali Janji Allah

·     Bentuk-bentuk ucapan sukur yang dilakukan oleh orang beriman.

·     Arti/makna mengucap syukur dan motivasi orang beriman untuk mengucap syukur.

·     Menggali kelebihan dan kekurangan dirinya dan menyampaikan alasan mengapa harus bersyukur sebagai ciri orang beriman, lalu mendiskusikan dengan teman sebangku.

·     Belajar dari tokoh-tokoh Alkitab tentang bagaimana cara bersyukur kepada Tuhan.

·     Menganalisis makna bersyukur dalam segala situasi hidup (susah, senang, sukses maupun gagal).

·     Mengaitkan makna bersyukur dengan hidup beriman.

·     Menggabungkan berbagai pemikiran mengenai ucapan syukur yang berkenan kepada Allah (bisa dikaitkan dengan Kitab Mazmur).

·     Melaporkan hasil pengamatan/ mengeksplorasi tentang ciri-ciri hidup bersyukur.

·     Menulis doa ucapan syukur dan esai tentang “Ucapan syukurku.”

·     Mendemonstrasikan cara bersyukur melalui doa, pujian, drama, tulisan bermakna, kalimat/kata-kata yang membangun, yang dilakukan selama satu semester.

2.3

Menunjukkan sikap hidup sebagai orang beriman sesuai dengan teladan Yesus

3.3

Memahami makna hidup beriman sesuai dengan teladan Yesus

4.3

Membuat karya yang berkaitan dengan sikap hidup sebagai orang beriman sesuai dengan teladan Yesus

 

 

 

 

1.4

Menghayati ibadah, doa, dan membaca Alkitab sebagai wujud hidup orang beriman

Kesetiaan beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab

ü  Makna Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab

ü  Memahami Doa Bapa Kami

ü  Pentingnya Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab bagi Remaja SMP

ü  Sikap yang Baik dan Benar dalam Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab

ü  Apakah Semua Doa Dijawab Sesuai dengan Permintaan?

·     Mengamati sikap remaja Kristen  mengenai kesetiaan dalam  berdoa dan membaca Alkitab, dalam beribadah di Sekolah Minggu atau gereja.  (Bisa dengan cara membuat daftar pertanyaan yang diedarkan dan diisi oleh siswa  SMP kelas VIII yang beragama Kristen.)

·     Mendalami tentang arti ibadah, unsur-unsur ibadah, doa dan cara membaca dan memahami Alkitab.

·     Melalui diskusi panel peserta didik menggali pokok-pokok hidup orang  beriman sebagai orang Kristen.

·     Mendiskusikan cara-cara mewujudkan hidup orsngberiman dan berpengharapan melalui  kesetiaan beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab.

·     Membuat simpulan bersama mengenai manfaat kesetiaan dalam Ibadah, berdoa dan membaca Alkitab bagi pembentukan iman, sikap dan moral remaja SMP.

·     Membuat janji bersama untuk setia beribadah, berdoa dan membaca Alkitab.

2.4

Bersikap setia dalam ibadah, doa, dan membaca Alkitab sebagai wujud hidup orang beriman

3.4

Menerapkan kesetiaan dalam beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab sebagai wujud hidup orang beriman.

4.4

Melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kesetiaan dalam beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab sebagai wujud hidup orang beriman.

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMP N

 

 

 

.................................................................

NIP. .........................................................

 

Lebak, ........................... 20......

Guru Mata Pelajaran PAK Kelas 8

 

 

 

 

NIP. ....................................................

 

Comments

Popular Posts